SharpDevelop IDE Open Source untuk C#

Develop software memang bukan skill yang paling aku kuasain di kuliah maupun setelah kerja (peminatan lbh ke JarKom), tapi sempet belajar juga sebagai mata kuliah wajib waktu jadi mahasiswa dulu. Dan dari semua bahasa pemrograman yang pernah kupelajarin, yg paling sreg di kepala (soalnya mikir pake otak, bukan hati) itu C#.

Tools paling terkenal untuk develop aplikasi C#, bahasa kerennya sih IDE (Integrated Development Environment) adalah Visual Studio dari Micros*ft. Nah kebetulan pas sudah di dunia kerja sekitar tahun 2010 pernah merasa tertantang untuk bisa develop C# tapi yang bener-bener keluar dari tools Micros*ft.  Akhirnya disela-sela waktu luang googling sana sini buat cari info tentang C# Opensource IDE. Alasannya sebenernya sih simple, karena license Visual Studio Developer itu cukup mahal meskipun ada juga versi express editionnya yang free tapi rada-rada dipangkas featurenya. Sekali-sekali semangat Open Source perlu juga dibangkitkan, meskipun didepan mata bakal banyak hambatan menghalangi.

Singkat cerita, tersangkutlah mata ini pada 2 topik yaitu MonoDevelop dan Sharpdeveloper. Dari keduanya, aku lebih prefer sharpdevelop.. karena tampilan dan fungsionalitasnya yang lebih cenderung menyerupai VS. Nih capture dari masing-masing IDE : Continue reading

Kembali Menulis…

Posting terakhir di blog ini tanggal 28 Maret 2009 dan hari ini tanggal 24 Januari 2012.. hmm, ternyata blog ini ga ditutup jg sama WP meskipun ga aktif. Pertama-tama dilakukan setelah melihat kondisi blog ini :

  1. Coba masuk ke halaman admin. Dah ampir 3 tahun, jadi lupa password.. sebelum gunakan fasilitas reset password, trial error dulu… kata ini, kata itu, tanggal lahir si ini, apa tanggal lahir si dia #ehemm, atau kombinasi sama aku #ehemm2 atau apalah yang mungkin terpikir saat membuat password.. dan ternyata bisa masuk.. (dan ternyata saya orang yg sangat simple dalam membuat password pemirsa..)
  2. Liat banyak komentar diartikel2 lawas, abaikan saja dulu kebanyakan sudah kadaluarsa… XD. Continue reading

Pemadaman Listrik & Hari Bumi

Dooh.. mati lampu ni pasti gara2 ngerayain hari bumi…

Itu adalah kata-kata yang membangunkanku pagi ini… zzz.. jam 7.30 blm bangun.. masih enak-enak tidur dibangunin mas ku yang ribut2 karena listrik dirumah padam. Mas ku bukan seorang anti gerakan lingkungan hidup, tapi mungkin dia protes karena pas mati listrik pas lagi upload gambar kerjanya untuk dikirim lewat email.. dan itu pasti udah mepet waktunya..

Ok..sambil ngantuk2 dan bangun krn terpaksa, aku menjelaskan. Setauku sih klo gerakan memadamkan lampu di tanggal 28 Maret 2009 itu dilaksanainnya jam 08.30PM – 09.30PM berarti ntar malem bukan jam 8 pagi ini. Lagian yang namanya himbauan itu pasti bukan paksaan, jadi yang matiin lampu itu yang punya rumah, bkn di jeglek in dari pusat nya. Yah whatever lah.. mungkin karena saking gembar-gembor nya iklan himbauan itu maka membuat beberapa orang salah kaprah dan menyalahkan pemadaman listrik gara-gara hari bumi. Continue reading

Me VS Mr.Net-Worm.Win32.Kido.du

Perlu ditulis tentang ini, report pertarunganku melawan si Kido yang menjengkelkan dan merepotkan. Belum lama ini aku terpaksa harus bertemu dengan si Kido ini yang sudah merusak jaringan dan komputer di kantor dan warnetku. Sampai berujung pada IP public di banned oleh DALNET sehingga tidak bisa lagi dipake untuk chat MIRC selama seminggu.. hikz.. awas kmu Kido!!…

Siapakah Kido? Hmm itu cuma nama panggilan sebuah malware di komputer, lebih tepatnya tipe worm tapi klo awam komputer biasanya nyebutnya Virus (g peduli mo worm, trojan, malware, adware, spyware pokoe virus…). Kalo yang terdetek di tempatku namanya Net-Worm.Win32.Kido.du (detected by KAV) kalo antivirus lain mungkin detectnya juga nama yg berbeda.

Masi sodara ma yg namanya Win32/Conficker atau W32.Downadup. Mereka ini para keluarga malware yang mengeksploit kelemahan sistem windows Server service seperti dibahas di sini. Server disini bukan tipe Windowsnya yang Server (kenyataan XP dan Vista jg kena), melainkan nama sebuah layanan (service) di keluarga windows yg terkait dengan sebuah service lainnya yg bernama Computer Browser.

Dah kalo ada yang bingung coba aja pencet Ctrl+Alt+Del trus liat salah satu service bernama SVCHOST.EXE, itulah si service server yg dirusak sama keluarga malware ini. Langsung aja deh gejala kerusakan : Continue reading

Netwatch di MikroTik, auto switch parent proxy

Menulis lagi deh, lagi ga ada kerjaan di penghujung tahun 2008. Pertama kali nulis tentang MikroTik.. Mohon maaf ya kalo banyak salah, soalnya baru belajar nih saya..

Singkat cerita untuk membantu beban jaringan (Ping Request Speedy yang nyampe 4000ms dan koneksi yang megap2..),  saya menambahkan fasilitas WebProxy ke MikroTik. Caranya yah standar lah sama tutorial2 yang ada di blog-blog maupun forum. Jadi ga perlu dibahas ya..laen x aja wat detilnya.

Nah ternyata seperti diduga dan dikira proxy MikroTik masih kurang nyuzz gtu… jd krg bisa membantu. Menurut saran dari para senior yg pengalaman, suru pake parent proxy dari proxies.telkom.net.id. Atau bahkan pake proxy terpisah. Masalahnya kalo mo pake proxy terpisah kayak squid ak belum dapat PC wat dikorbankan.. Jd blm bisa coba.

Untuk mengeset parent proxy di MikroTik bisa dengan perintah sbb :

ip web-proxy set parent-proxy=125.160.18.23:8080

Dulu sih untuk klien speedy pake proxynya sama, IP publik proxy telkom tuh di 202.134.0.135 dan proxynya jalan di port 8080. Kalo sekarang sih beda2 dimasing-masing subnet. Jadi untuk tau IP proxy di subnet anda bisa ping ke proxies.telkom.net.id untuk tau alamatnya.

Continue reading

Error di database drupal

Dah lama ni ga tulis blog lagi… padahal banyak event yang dilewatin, salah satunya wisuda n ultah. Tapi dah lewat semua sih, jadi males bahasnya. Banyak kerjaan juga sih (cieee…pdhl blm jadi apa2), salah satunya maen game online (wkwkwk..ini alasan sebenernya).

Hari ini dapet laporan dari temen2, situs lokalnya warnet tuh down, udah gtu keluar bahasa planet lagi pas dibuka home pagenya. Situsnya tuh buatnya pake drupal, sedangkan error yang muncul tu gini :

Table ‘./neodrupal/users’ is marked as crashed and should be repaired query: SELECT u.*, s.* FROM users u INNER JOIN sessions s ON u.uid = s.uid WHERE s.sid = ’13d20f09dcde23b6f3bb3b6ce5aa4f99′ in /opt/lampp/htdocs/neosite/includes/database.mysql.inc on line 172 Continue reading

Lynx & Cron untuk update RSS di Drupal CMS

Melanjutkan tulisan diblog ini sebelumnya tentang cron, sekarang saya akan coba berikan salah satu contoh penggunaan cron untuk penjadwalan eksekusi program.

Belum lama ini saya habis mendeploy sebuah situs intranet sederhana yang berbasis drupal CMS. Situsnya sederhana aja, ada download file, shoutbox, comment dan beberapa fasilitas lainnya yang standar web jaman sekarang. Masalahnya saya ingin menambahkan RSS Aggregator untuk menampilkan berita terbaru dari detik.com dan okezone.com di situs tersebut seperti halnya pada blog ini.

Jawabannya gampang aja, langsung masuk menu pengaturan RSS, copy-paste alamat RSS dari kedua situs tersebut lalu aktifkan. Kan uda pernah buat di wordpress ini..lalu dimana masalahnya? Saya baru tau kemudian siang harinya… Ternyata isi RSSnya ga pernah diupdate, padahal udah diset otomatis 1 jam sekali update RSS. Ternyata plugin drupal yang saya pake blm bisa mengupdate RSS secara otomatis (ga tau kalo yang laen pada bisa, kn saya newbie bgt di drupal), akibatnya isi berita detik.com dan okezone.com di situs saya tidak up-to-date. Continue reading

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.