Setting Modem ADSL Linksys AM300 Untuk Speedy


foto Linksys AM300Hari ini kantorku beli modem baru lagi buat warnetnya. Padahal dari Telkom waktu pasang speedy udah dikasih modem gratisan, mereknya Makronet kalo ga salah. Masalahnya krn lemot-nya tu lho.. ga nahan. Kalo di-panjer buat download lama-lama bisa down langsung ke 8KB/s.

Setelah pusing-pusing seminggu, akhirnya milih beli modem sendiri. Aku coba cari referensi di Internet dari berbagai sumber. Dapat faktanya gini (subyektif lho, di cek lagi ya) :

  1. Rata-rata milih Linksys atau D-Link, sisanya variatif; ada Allied Telesyns, 2Wire, dll.
  2. Ada yang bilang Linksys jelek kalo gangguan di kabel terlalu besar (attenuasi). Tapi ada yang bilang juga stabil banget. Selain itu klo mo dipake untuk warnet sebaiknya Linksys di update firmwarenya.
  3. Katanya klo nanya sama 147 dan teknisinya ga bisa bantu maka mentok dia akan nawarin untuk beli modem lain dengan alasan modem ga support jaringan.

Kalo aku sendiri sebenarnya suka sama Linksys, karena masih ada hubungan sama Cisco yang uda malang melintang di dunia per-Network-an sejak lama. Jadi emang aku subyektif nyarinya. Dilihat dari kelebihan dan kekurangan produk linksys itu sendiri. Kalo speedy di rumah pakenya modem gratisan JKNetwork, biasa aja performanya. Kadang ngadat2 juga. Untuk produk yang lain belum pernah nyoba, kecuali D-Link Switch 8Port dan 16Port di kantor. So far, D-Link juga bagus untuk switchnya (on 24/7). Belum sempet liat D-Link ADSL modem soalnya yang jaga toko bilang lagi kosong barangnya.

Kalo linksys sendiri saya sempet beli Router Wireless WR54GL yang udah dipake dikantor sampai hari ini dan masih bagus-bagus aja kok. Proteksinya pake WPA-TKIP, hidden SSID sama proteksi MAC. Lumayan lah buat ngatasi orang iseng yang level cupu. Sekarang malah uda digandeng sama Mikrotik, jadi DHCPnya yang ngasi Mikrotik langsung.

Oke, singkat cerita hari ini dibeli-lah seperangkat modem Linksys AM300 ADSL seharga Rp.360.000,00 tunai (Ssst..tp dapet potongan lagi, karena kenal ma yang di toko). Sampe kantor, bongkar langsung pecat modem lama n ganti dengan si Linksys. Untuk spesifikasi port di AM300 sama dengan modem ADSL standar yakni 1 Port LAN, 1 Port USB dan 1 Port DSL line. Memang sengaja dipilih yang modem-only, tanpa router. Karena tugas routing sudah di handle Mikrotik. Akhirnya dengan darah dan airmata (hiperbola banget…) berhasil juga migrasi ke modem ini. Langkah-langkah yang saya lakukan :

  1. Tancep kabel LAN bawaan dari paket modem ke laptop ato PC, kalo ga mau pake LANnya bisa juga pake USB. Untuk USB harus install driver dulu dari CD paket modemnya.
  2. Tunggu sebentar dan biarkan DHCP modem bekerja dan memberi alamat pada komputer anda. Kalau gagal dapat IP berarti DHCPnya ga jalan. Ganti dengan manual dan set IP komputer jadi 192.168.1.2. Netmasknya 255.255.255.0 sedangkan untuk gateway sementara boleh ga diisi.
  3. Buka browser dan masukkan alamat http://192.168.1.1
  4. Tunggu interface web untuk management modem terbuka lalu set seperti gambar berikut ini :

    basic-setup

    Menurut pengalaman saya antar modem-modem ADSL yang tersedia dipasaran biasanya settingannya ngikut default aja. Nah yang utama disetting oleh para teknisi tuh adalah Encapsulation, VPI dan VCI. Ni berbeda-beda di masing-masing coverage area Telkom Speedy. Untuk settingannya dimasing-masing daerah bisa di baca di bagian akhir artikel. Jadi settingan di sini khusus untuk modem ADSL Linksys AM300 dan wilayah saya itu di Yogyakarta.

  5. Biarkan modem reboot sesaat lalu cek dibagian status. Kalau semua beres dan sudah UP berarti settingan anda sukses. Coba cek dibagian bawah yang ‘Internet’ apakah modem sudah mendapatkan IP dari Telkom atau belum. Kalau belum connect silahkan klik button connect.
  6. modem-status
  7. Klo mau DHCP bisa diset pada bagian bawah basic-setup bisa di atur alamat DHCP servernya. Setelah menggunakan DHCP anda tidak perlu lagi mengeset IP secara manual di komputer anda. Ganti setting ke Automatic dan biarkan modem memberikan anda IP secara otomatis.
    setup-dhcp

Ni Referensi dari blog Bung Harry Chan Putra (Salam bang…) untuk settingan Encapsulasi, VCI dan VPI untuk Telkom Speedy di berbagai daerah di Indonesia
A. Jakarta
1. Untuk DSLAM buatan Alcatel-Lucent (France)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 8 • VCI = 35
Sumber Info: [1]

2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35
Sumber Info: [1]

3. Untuk DSLAM buatan Siemens AktienGesellschaft (Germany)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 1 • VCI = 33
Sumber Info: [1]

B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi
1. Untuk DSLAM buatan ZTE (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81
Sumber Info: [1]

2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35
Sumber Info: [1]

——— Catatan Penulis ———– (11 Dec 2008)

Menanggapi banyaknya keluhan tentang susahnya koneksi PPoE atau trouble lainnya kebetulan kemarin saya dapat masukan dan info dari temen saya pooh_male, yg katanya udah 2x tukar modem AM300 dan tetap ga bisa konek ke Speedy. Sumber masalahnya ternyata ada di firmware seperti telah dibahas di http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?pid=33952 . Setelah di upgrade firmwarenya ternyata masalah koneksi dapat teratasi. Kebetulan untuk modem AM300 yang saya miliki semuanya sudah dgn firmware terbaru, itu sebabnya saya tidak mengalami masalah serupa. Jadi dengan ini saya ingin meneruskan info dari teman saya ini, siapa tau dapat membantu teman2 yg mengalami masalah serupa. All credit goes to : pooh_male, thx uda share ilmu dgn saya.

Berikut screenshot web interface yang menunjukkan firmware modem :

(Posisi info firmware di pojok kanan atas).

firmware-adsl

    • ikanteri
    • March 25th, 2008

    Bagus juga artikel nya Mas, itung2 utk tambah pengalaman. Saya pernah setting modem ADSL utk speedy jg tapi modem nya standar dari telkom. KL lhat merk nya sih kaya’e Telkom ga mngkin kasih modem dengan merk spt itu – kebagusan utk yg gratisan,:)
    Tenk u utk artikel nya.

  1. #ikanteri
    Trims commentnya, btw sampeyan kan uda lebih berpengalaman nyetting speedy… piye, rekor 4 kali ganti modem belum terpecahkan?

    Soal gratisan kn udah dibahas oleh teknisi speedy sendiri, tergantung tender dari orang atas. Kalo disuruh nyari tender yang paling murah maka jadilah demikian. Sesuai sabda pejabat telkom… Kasihan para teknisi yang kena makian, mudah2n gaji mereka lebih dari cukup. Biar betah di marah2in klien.

    **Pengumuman : Yang comment di atas itu (#ikanteri) adalah orang yg ngajarin aku setting speedy.

    salam… :p

    • joko_gendeng
    • March 26th, 2008

    mantab.. gw suka gaya loe

  2. #joko_gendeng

    wew, trima kasih mas..atas supportnya.
    Ya sy cm bisa segini saja mas kemampuannya, musti banyak berguru dan semedi lagi…

    salam…

    • Hari S
    • March 27th, 2008

    O ya. Saya menggunakan ADSL Modem AM300 dengan menggunakan jalur ethernet dan sudah jalan.
    Saya pengin jalur USB bisa dipakai untuk komputer yang lain. Bagaimana caranya? Apa perlu support diver atau semacamnya? Thanks

  3. #Hari S
    Kebetulan saya juga pakai cara demikian dirumah. Untuk mengaktifkan USB silahkan install drivernya dari CD bawaan Modem. Setelah aplikasi driver sudah diinstall baru koneksi melalui USB dapat dikenali. Hasilnya akan muncul sebuah interface ethernet virtual yang bisa anda perlakukan sama dengan interface LAN anda.
    Semoga membantu…

    salam..

    • Hari S
    • March 30th, 2008

    Terima kasih atas info dan bantuannya, dan saya telah berhasil melakukannya.

  4. #Hari S
    Sama-sama, saya senang dapat membantu…

    salam..

    • xoRock
    • April 3rd, 2008

    waduh man, gwa baru beli, setting sudah, status “UP” namun cuman bisa browse google kekeke mbanyol!
    anyway ada solusi dari temen-2? telkom kayanya ga tau tu cieehh

  5. #xoRock
    Bro..klo uda bisa konek google harusnya bisa semua.
    Coba dulu dari Start>Run>CMD trus pake printah nslookup yahoo.com
    trus coba lg buat situs-situs lain. Harusnya nongol IP addressnya…
    Klo ga bisa resolve kemungkinan ada masalah DNS.
    Coba baca di link ini:

    http://antodoroki.wordpress.com/2008/03/02/dns-server-cadangan-buat-speedy/

    dan

    http://antodoroki.wordpress.com/2008/03/05/extradns-untuk-cache-resolve-dns/

    Siapa tahu bisa bantu…

    salam…

    • Juanda
    • April 4th, 2008

    bro, mau tanya nih, saya dulu pakai modem aztech dan berlangganan speedy mulai dec 2006 dan tdk bermasalah tu modem, sampai beberapa hari lalu kena petir dan jalur ethernet rusak, dan terpaksa saya konek internet melalui jalur USB dan bisa konek internet dengan lancar, kemudian saya putuskan untuk beli modem baru linksys AM300, setelah beli modem dan setting hampir sama seperti aztech. masalah yang muncul adalah DSL sering restart sendiri, masalahnya seperti ini, pertama konek internet bisa, tp beberapa detik kemudian DSL mati, reconnect lg, dan bisa konek internet, lalu mati lagi, reconnect lg, dan begitu trs. saya pikir itu jaringan speedynya, tp saya penasaran saya coba konek kembali menggunakan modem aztech, dan semuanya lancar baik2 saja.

    yang saya mau tanya apa yg salah? setingan sudah sama seperti aztech dan saya lihat setingan anda di atas juga sama, hanya untuk VPI dan VCI saya gunakan 0 dan 35 karena daerah saya di Surabaya, lalu untuk DSL modul saya pernah coba gunakan auto dan G.DMT. tetapi kenapa bisa restart terus lampu DSLnya..

    terima kasih banyak..

  6. #Juanda
    Hmm..aku jg blm pernah liat mode aztech, cm yang pernah denger modem Linksys itu ada toleransi untuk attenuasi di jaringan. Mungkin keadaan jaringan di tempat anda dianggep melebihi batas toleransi kenyamanan oleh Linksys. Yah tp itu hanya dugaan, sy tidak punya dasar kuat selain pernah liat di forum ttg AM300.
    Coba buka bagian status dan liat diatas yang ada UP nya tentang downstream/upstream attenuation.
    Bandingin, kalau terlalu besar selisihnya dibanding screenshoot yg diartikel ini ada kmungkinan sebabnya memang itu.

    salam…

    • Juanda
    • April 7th, 2008

    terima kasih atas sarannya..
    kemarin saya coba lagi, saya reset modem, dan saya biarkan 1 hari, lalu saya setting lagi, tiba2 langsung bisa konek dan tanpa restart sendiri, sampai sekarang masih lancar-lancar.. btw thanks ^^

  7. #Juanda
    Sy ucapkan selamat atas keberhasilan anda.. mungkin suatu saat nanti bs share penyebab kejadian kmrn apa…

    salam…

  8. Mas bisa tologin aku nga nih,
    Model Adsl ku ngadat kayanya. Mereknya sama.
    Udah saya coba reset tapi pasword standarnya nga bisa keluar (jadi kemungkinan pasword lama masih nempel kali ya} saya udah masukin username : administrator pasword admin. tapi nga mau juga tuh.

    Jadi gimana supaya bisa masuk ke area setingan modem, tolongin ya.

  9. #Adhi
    default administrator user dan passwordnya untuk produk-produk Linksys biasanya :
    user : admin
    pass : admin
    **ini sy sok tau sj, bru punya WR54GL dan AM300 ud bisa kasih klaim… :p

    klo gagal berarti proses reset blm berhasil. Yang saya tahu untuk reset dilakukan dengan menekan button reset (pakai lidi atau ujung bolpoin) selama 5 detik tanpa dilepas. Posisi hardware ON (dinyalakan). Kalau sudah, set IP anda ke jaringan 192.168.1.0 (misal IP dijadikan 192.168.1.2) lalu akses web interface di http://192.168.1.1

    Kalau cara diatas gagal berarti kemungkinan terjadi kerusakan sistem modem anda, hardware atau firmwarenya.semoga membantu…

    salam…

  10. hatur nuhun mas Onto.
    Atas bantuannya, kalo ada ilmu yang laen boleh bagi-bagi.
    Saya lagi blajar Php nih, ada script gratisan nga?
    rencananya buat nyusun ke-administrasian pendidikan, iya lawong aku ini guru di smp yang masih belajar.

    sekali lagi makasih.

  11. #Adhi
    waduh…correction, nama saya Anto bukan Onto…nanti harus potong kambing dan nasi kuning dulu kalo disuruh ganti.
    Btw saya jadi sungkan, anda sudah jd guru smentara sy masih berguru (sekolah…), mohon maaf klo saya terkesan menggurui.

    Untuk script gratisan banyak sekali di internet, untuk PHP mungkin bisa mulai dengan googling dengan kata kunci “PHP Code” dan pencarian diarahkan ke situs indonesia. Dari http://www.google.co.id arahkan ke “halaman dari Indonesia”.

    Klo boleh kasih saran, cb mulai dari CMS dulu untuk PHP, misalnya WordPress, Joomla, Mambo dll. Dari situ kadang-kadang membantu kita untuk mengenal sekilas secara mudah tentang PHP script. Tapi ga salah juga kalo “learning from scratch”.

    salam…

  12. Eh, Iya ma’af, salah ketik mas.
    Terima kasih ya, kemarin. -emang ini salah satu kebiasaan buruk saya, kalo udah baca manualnya (modem Link sys) biasanya buku nga tak terselamatkan alias susah nyarinya lagi. (padahal buku koleksinya-na nga begitu banyak) nah pas lagi butuh, waduh minta ampun susahnya. untung ada Mas Anto. Akhisnya bisa terlesesaikan yang selama ini tertunda. Thank sekali lagi.

    Saya pikir ilmu itu bisa datang darimana aja, jadi Mas Onto nga usah merasa menggurui saya karana bukan guru (walu buktinya memang ia, anda bisa membantu masalah saya). Apalagi perkembangan IT saat ini sangat berbeda sekali dengan sekarang. dulu saya masih pakai komp masih XT 08088 yang masih lelet sekali disket besar, nga pake hardisk, kemudian AT 286, 386 dan seternga hingga sekarang. Belajar Basic, qbasic, gwbasic, pascal, dbase III, ya paling itu. sekarang udah lebih maju milik anak-anak muda yang berbakat. jadi saya sangat berterima kasih sekali kalo mau bagi-bagi ilmunya.

    Ngomong-ngomong anda punya porogram untuk anti pornografi nga ya?
    Saya sudah pake Anti-porn dari rapishare, tapi ya gitulah…. usianya cuma 30 hari. Mau di update atau registrasi, ya minta serial number, laen dari itu karena kemaren salah setting nih komputer (saat ini di sekolah yang laen bukan kemarin) setiap 15 menitan minta unlock atau shutdown. di cari di ad/remove nga ada tuh program anti-pon-nya. jadi kemungkinan install ulang deh. kalo ada solsui boleh bagi donk ilmunya.
    Thank.

  13. #adhi
    Anti porn nya di jaringan atau cuma di PC lokal? Klo dilokal bisa pake antivirus2 terbaru yg sudah support parental control contohnya Kaspersky,F-Secure,Norton,dll.
    Klo buat jaringan sy recommendkan proxy kayak Squid ato Mikrotik jg boleh selama tidak banyak klien, skalian untuk manage bandwidth.

    salam…

    • Aditya
    • May 2nd, 2008

    Mas saya mau tanya,

    Saya langganan Speedy pake modem bawaan dari telkom SANEX, trus saya punya linksys wireless router WR54G.. Gimana cara gabungin keduanya. Sebelumnya saya coba berhasil namun beberapa saat kemudian suka putus sendiri wirelessnya… gimana cara nge setting yang terbaik. Apakah ini memang ada ketidak cocokan anatara modem ama router saya?

    Saya berencana beli modem ADSL sekaligus router wireless punya linksys…

  14. #Aditya
    Kalau settingan setau saya sama saja. Intinya ujung kabel RJ45 yang sudah bisa konek internet dari modem ADSL dimasukkan ke port Internet di WR54G. Lalu di set seperti biasa di WRT54G. Mungkin kalo saya boleh kasi saran, di modem ADSL jangan dijalanin DHCPnya. Pake statis aja. Jadi alamat yang diberikan ke WR54G tidak berubah-ubah. Misal dikasi 192.168.1.2 dari modem, jadi di WR54G diset juga alamat internetnya static 192.168.1.2. Lalu jaringan untuk WR54G di set ke 192.168.0.0/24 misalnya. Nah yang dijalanin DHCPnya yang untuk klien wirelessnya yang dijaringan 192.168.0.0/24 ini saja.

    Semoga membantu…
    salam…

    • budi
    • May 21st, 2008

    Mas Anto,please advisenya & sharing pengalamannya donk…

    Kami dan rekan2 kos (+/- 30 org) pengin pasang internet (rencana pake speedy unlimited) nih.
    Untuk manage dan pembatasan user dan aksesnya, sebaiknya pake modem/router jenis wireless yg katanya bisa me-lock mac address atau bisa pake modem/router yg support LAN cable (bisa dipasang hub).

    Trus, krn kaya’nya sdh familier dg per-speedy-an Telkom, utk akses jumlah segitu banyak (30 user) apakah cukup pake produk speedy office unlimited yg 750-ribu an /bln atau harus berlangganan 2 kalinya atau langganan speedy unlimited utk warnet (1,5 jt/bln)?

    Makasih banyak mas
    Budi

  15. #budi
    wew..ada yg minta advise nih.. hooh, aku uda familiar bgt kena DC…:p
    ga juga lah, blm tau apa2 soal jaringan Telkom, lha kerjaan maupun kuliahnya ga dibayarin Telkom jg. Jadi mana mungkin sy tau banget…
    anyway aku dikantor pake Linksys WR54GL tu AP sekaligus router n ada 4 port LANnya. Mungkin juga ada produk lain yg serupa featurenya, hanya saya blm tau. Lock MAC address bisa kok, tapi klo untuk 30 org saya agak lupa cukup ga tuh tabelnya. Tambahin aja ntar hidden SSID sm WEP-SHARED TKIP atau yg encripnya lebih bagus lagi.

    Pengalaman saya dengan bantuan Router terpisah (pake Mikrotik) tu bisa handle 20org dengan nyaman. Klo 30 kemungkinan agak lemot klo buat browsing bareng2, tp sekadar chat gpp. Asal jangan maen game online pake speedy, mo yg paket manapun ttp ga cukup. Soalnya kan uploadnya cm 64Kbps..

    Office dan warnet dari liat di forum2 internet katanya perbedaannya pada jaminan bandwidthnya. office tu dijamin pada 128kbps sdangkan warnet pd 256kbps. (Uda tau kan slogannya UP TO 384Kbps, jd jgn komplain klo turun…kn “UP TO”..). Tapi ini pendapat orang umum bukan kata orang Telkom. Jadi percaya atau tidak terserah anda.

    Gtu aja deh..semoga bisa membantu. Klo mo tanya lebih lanjut kirim aja ke antodoroki[at]gmail.com

    salam…

  16. erkenalkan saya newbie di speedy,

    saya baru bbrp hari pasang speedy, dan terus bermasalah dengan koneksi yang sering putus2, terutama pada pagi dan siang hari, putusnya lumayan parah, kadang baru konek 5-10 menit sudah putus lagi.

    tetapi masalah ini gak terjadi waktu malam hari dan hari libur, dimalam hari koneksinya lebih stabil, dan koneksinya sangat bagus.

    waktu saya tlp ke 147, CS nya bilang kemungkinan jaringan lokalnya yang jelek, dan mereka akan kirim org ke rumah, tapi sampe sekarang belum ada petugas yang datang.

    yang saya mau tanya apa ya kira2 masalah di speedy saya??
    (siang dan sore jelek, dan malam dan hari libur lumayan bagus)

    oh ya saya pake modem linksys am300

    ini hasil result dari modem saya,

    DSL Status

    DSL Status: UP
    DSL Modulation Mode: Auto
    DSL Path Mode: INTERLEAVED
    Downstream Rate: 379 Kbps
    Upstream Rate: 68 Kbps
    Downstream Margin: 31 db
    Upstream Margin: 4294967286 db
    Downstream Line Attenuation: 43
    Upstream Line Attenuation: 42
    Downstream Transmit Power: 20
    Upstream Transmit Power: 10
    LOS Errors: 0

    PVC Connection

    PVC Status: UP
    Encapsulation: RFC 2516 PPPoE
    Multiplexing: LLC
    Autodetect: Disable
    VPI: 8
    VCI: 81

  17. trus supaya DSL Path Mode: INTERLEAVED jadi FAST gimana settingnya…trims

    • Deni surya
    • May 30th, 2008

    duh g bingung dikasih modem Linksys WRTP54G bingung settingnya buat speedy, biasanyanya kan pake Dlink DSL-520T langsung jalan aja tanpa disetting. gmana ya langkah awal dan selanjutnya setting pake Modem Linksys tersebut?…?…>
    OM ak Tunggu Infonya ya….

    Tanks Qiu

    • gunadi
    • May 30th, 2008

    bedanya FAST ama INTERLEAVED apa ya?

  18. bos mau nanya g pake am300 kalo mau di konekin ke mikrotik settingannya gimana yah ,… tau nga,…

    trimz,..

  19. #all
    Maap..maap..lama tidak liat blog.
    Perbedaan mode fast sm interleaved bisa diliat disini :

    http://www.commsdesign.com/main/2000/02/0002stand.htm

    http://www.wlug.org.nz/Interleaving

    http://webpages.acs.ttu.edu/ysriraja/adsl/overview.html

    #steven
    setting mik ke am300 aku ud jadi, tp blm smpet bikin tutorial..lagi garap skripsi, klo ga lulus2 ntar dimarahin ortu… T.T..
    Coba aja ke forummikrotik.com. Disana uda byk contoh konfigurasi jadi, n kalo mo nanya2 juga pada rajin bantuin. Thx..

    salam..

  20. ass mas ANTO, aku mau nanya nih,
    aku baru make speedy, trus aku make linksys am300, awalnya aku seting PPOe dan koneksinya bagus, suatu hari spedy ku gak connec, ada gangguan dari telkom katanya nambah bandwith di kota ku (Bangkinang_RIAU). dua hari setelahnya, aku cek ke temen2 jaringan nya dah pada connec, tapi spedy ku masih gak conec, aku seting ulang modem linksys, masih pake PPOe DHCP enable, conec tapi koneksinya sangat lambat dan tersendat2. trus aku ganti seting nya pake bridge, conec dan stabil. tapi gak bisa aku share ke komputer lain. mohon ditunjukin
    1. gimana cara (seting) biar bisa share ke kompter lain dgn setingan setingan bridge ? (aku gak tahu)
    2. aku liat gateway PPP saat ku seting modem PPOe dengan bridge berbeda, kenapa? apa emang gitu ya?
    terima kasih sebelumnya Mas Anto.
    salam ebie – RIAU

    • amir
    • June 4th, 2008

    duh mas kenapa ya linksys am300 saya link nya udah up cuman pas brosing bisanya cuman google, pas mo buka yg lain ngk bisa, contoh pas mo buka yahoo malah ngk bisa, tapi pas saya ping ke yahoo bisa. awalnya saya pikir ada masalah pada komputer ato browser tp saya coba ganti dengan komputer lain jg sama. DNS udah bbrp kali saya utak atik tetep ngk bisa saya tanya orang telkom malah disuruh ganti modem :(, trus saya tukar modem nya ke toko nya sampai 4x sama aja.

    • biema
    • June 5th, 2008

    mas mau nanya….saya kan pake adsl aztech, terus mau di share ke laptop pake kabel usb nyah…gimana cara nyetting dari awalnya yah…terima kasih, saya failed terus nih

    • amir
    • June 16th, 2008

    setting modem router agar bisa di firward ke ip address local

  21. Mas Anto,
    mohon bantuannya.
    sy baru pasang speedy dgn modem aztech, port nya hanya satu UTP port saja. Lalu baru beli wireless router WRT54G. UTP kabel dari keluaran modem aztech saya masukan ke internet port di WRT54G, setting PPPoE di WRT54G, lalu PC saya masukan ke salah satu dari 4 port di WRT54G. Saya ikuti wizardnya, hasilnya internet connection tidak ter-detect. Mohon bantuannya. Jika tidak merepotkan, mohon dapat kirimkan ke mail saya juga.

    terima kasih.

    salam,aji

  22. #atas
    Coba manual aja, ga usah pake wizard. Intinya sih
    1. Setting modem (pake DHCP juga boleh), cari tau networknya modem, misal : 192.168.1.0/24
    2. Setting WRT54G, masukin alamat buat koneksi internetnya atau gunakan sistem account PPPoE.
    3. Setting layanan DHCP di WR54G agar nantinya bisa memberikan IP.
    4. Masuk kebagian status, klik connect (jika PPPoE) agar Wr54 melakukan dialing melalui modem, tunggu smpe alamat gateway diperoleh

    Troubleshoot :
    5. Tes ping ke network modem, misal ping 192.168.1.1 (jika interface modem diset di alamat ini). Kalo nggak bisa berarti masalah terjadi antara koneksi modem dan router, cek ulang alamat dan configurasi lain.
    6. Kalo bisa ke modem tapi ke luar ga bisa berarti ada masalah di modem yang menyebabkan koneksi ke luar gagal. Coba liat dibagian status apakah berhasil mendapatkan IP Gateway telkom.

    sekian dulu, petunjuk singkatnya.Kalo ada waktu ntar mungkin sy tulisin cara konfigurasi ke WR54G dlm bentuk post agar lebih jelas krn ada gambarnya.

    trims, salam…

    • Aztech ke WRT54G [2]
    • July 1st, 2008

    Halo,
    hanya mau update, smalem sy coba utak-atik setting modem dan routernya. Di modem, sy coba buat static IP untuk router dan clients, lalu setting di router sy beri IP sesuai dengan setting static IP yg ada di modem, bgitu pula dgn setting IP di tiap clients, dengan gateway tetap ke modem. Kabel UTP dari modem tidak sy masukan ke port WAN, tapi ke salah satu dari 4 port di Router. Hasilnya client fix dan wireless bisa connected :)

    slanjutnya mohon info, jika broadcast SSID nya sy disable, lalu bagaimana client wireless bisa terkoneksi dengan access point ya?

    thanks.

  23. #atas
    Wah..sukses dong..congratz ya

    Klo SSID didisable berarti tiap client harus dibuatin profile sndiri-sendiri. Nah di profil ini biasanya harus masukin nama SSIDnya. Disitu aja masukinnya, nanti komputer yg punya profil untuk akses ke AP kita bisa langsung ngenalin dan connect otomatis. Biasanya sistem ini dikombinasikan dengan pemakaian WEP ato enkripsi lainnya. Jadi 1 profile di PC tersebut mengandung semua info ttg APnya seperti SSIDnya, password WEP dll.

    salam..

    • rocky
    • July 5th, 2008

    makasih ya bro udah jalan lagi modem nya….

  24. #rocky
    oo iy..sama2 deh, seneng bs bantuin
    Btw maap tadi blackout, putus YMna… krn pemadaman bergilir dr PLN
    *ud bayar tepat waktu dipadamin, klo telat diputusin…ck ck ck

  25. mau tanya dong, gimana cara masukin DNS di AM300, supaya PC user tidak perlu diutak-atik.

    tks

  26. #purwoko.edi

    kalo di AM300 setau saya yg mode PPPoE nggak ada setting dns manualnya. Jadi parameternya hanya userid dan password. Nanti IPnya dapet dari server beserta gateway dan dns. klo yang bridge itu bisa manual maupun DHCP untuk konfigurasi IP modemnya.CMIIW

    Yang manapun yang digunakan biasanya selama service DHCP pada modem dihidupkan client akan mendapatkan IP Address, gateway dan DNS secara otomatis. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan feature pemberian IP dan DNS otomatis di klien.semoga membantu

    salam..

  27. tks atas jawabannya, tapi masih belum bisa :(
    kalau di tempat saya kok IP DNS Server-nya sama dengan IP modem sih (192.168.1.1) ?

    di kantor operasional saya juga pake AM300, tetapi usernya tidak perlu utak-atik DNS langsung konek, padahal dari modem disambung ke AP dulu, baru di akses lewat AP tersebut
    konfigurasi AP juga “polos aja”, tidak ada setting khusus.

  28. #purwoko.edi
    DHCPnya diaktifkan dimana? Modem atau AP?
    Coba dulu reset modemnya, lalu ikuti lagi langkah seperti di blog ini.

    regards.

  29. pak minta link driver linksys ini…………
    ditunggu link drivernya.. thk’s

  30. #riezno

    driver apa ya? mungkin maksudnya USB? Ada di boxnya dalam CD kalau itu..
    tp ni linknya

    http://www-id.linksys.com/servlet/Satellite?c=L_CASupport_C2&childpagename=ID%2FLayout&cid=1175239536393&pagename=Linksys%2FCommon%2FVisitorWrapper&lid=3639315355B06&displaypage=nodata#versiondetail

    Klo linknya mati coba ke linksys.com dan masukkan cari model “AM300 Annex A”. Nanti bisa ketemu link ke driver, panduan dan firmware

    salam..

    • BudZ
    • August 20th, 2008

    mas, boleh nanya ngga? saya seorang guru komputer, nah di lab kami lagi ada masalah, kami pake server win2000 server dengan cllient winxp berjumlah 50an, dhcp diatur oleh server kami. nah dulu kami bisa terkoneksi ke speedy dengan pengaturan dhcp ke server, pas server troble sehingga diinstall ulang jadi ndak bisa konek lagi melalui gateway server, harus melalui gateway modem linksys am300. ada saran ngga? thx before.

    • idea
    • August 21st, 2008

    F1..F1..F1..

    bang anton,

    saya tempo hari setelah set up modem linksys terpikir untuk skalian ganti password yg di 192.168.1.1

    masalahnya, saya lupa… :-(

    ada unlocknya kagak??
    ato cara len gtu???

    maturnuwunnn.

  31. #Budz
    Wah maaf pak, sy blm pernah nyetting win2000server dgn modem adsl. Klo boleh tau lokasinya dimana? klo di yogya mungkin sy bisa bantu pak… tp klo dpt referensi ntar sy publish deh pak, smntara ini belum.

    #idea
    F1=Help ya?
    Di deket saklar on/off ada lubang kecil dengan lingkaran merah. Tulisannya reset. Nah silahkan cari benda yg muat buat dicolokin ke situ, sy sarankan yg berujung tumpul. Jangan jarum suntik…wkwkwkwk

    Dalam kondisi nyala, pencet(tusuk) dan tahan kurang lebih 5detik. Modem akan ter reset seperti sediakala (factory setting).

    Salam,

    • Fahmi
    • August 22nd, 2008

    saya pake modem makronet bawaan spidi dengan satu port LAN, saya ingin make di dua komputer
    berdasarkan jawaban di atas katanya bisa di dua komputer dengan menggunakan port usb
    yang ingin saya tanya
    1. gimana cara nya? tolong tahap per tahap saya newbie banget tuk masalah jaringan kaya gini
    2. saya kehilangan driver modem makronetnya kira2 bisa di download dimana ya?
    3. apa browsing di dua komputer bisa berjalan bersamaan?

    makasih banyak mas
    btw boleh minta email add-nya ga?
    biar cepet tanyanya

  32. @Fahmi
    Anda pake paket apa? Klo yang time based, biasanya di set mode bridge yang membuat anda harus dial setiap ingin menggunakan koneksi. Klo yang mode PPoE biasanya diset otomatis konek internet setiap modem dinyalakan.

    Japri aja, kirim mail ke antodoroki[at]gmail.com

    • Fahmi
    • August 23rd, 2008

    saya pake paket yang 1gb mas n bentar lagi mo ta naekin jadi unlimited
    nah biar maksimal saya mau dua komputer di rumah bisa internetan

    klo lihat penjelasan di internet sih kayanya memungkinkan untuk satu modem dengan 1 LAN port dan 1 USB port dipasang di dua komputer, bener ga mas?

    tapi saya bingung caranya gimana?
    thx

  33. @Fahmi
    Klo gitu silahkan ikuti tutorial yang saya tulis diatas. Nah trus ditambah lagi install driver USB dari CD modem makronetnya, klo udah ilang ntar sy coba bantu uploadin ke site ini.

    Trus klo driver USB sudah diinstall ke komputer yg mau jadi klien, langsung aja colokin kabel USB dari modem ke port USB klien. Nanti akan muncul interface LAN baru seolah-olah LAN Card anda nambah 1.

    • Fahmi
    • August 25th, 2008

    untuk yang port usb apakah harus di tempat client bisa gak kalo di gateway-nya
    karena saya ingin port usb dipasang di komputer gateway dan kabel LAN-nya saya mau agak panjang untuk klien
    coz kalo kabel usb yang panjang agak susah
    trims
    saya tunggu driver makronetnya

  34. #Fahmi

    topologinya gini :

    |Modem Makronet|————-Line telp
    | |
    | \———–kabelLAN——[PC01]
    |
    \————-kabelUSB—–[PC02]

    Jadi semua terpusat ke modem saja, tidak perlu komputer gateway krn gatewaynya ud di modem.
    Secara jumlah colokan di modem cuma 2 (LAN dan RJ-45) jadi dengan cara normal tanpa alat bantu maksimal jumlah PC yang bisa terhubung ke internet ada 2.

    • andre
    • August 27th, 2008

    mas anto saya juga ngalamin hal yang sm neh sm mas juanda..tp klo saya kejadiannya klo adaptor am300nya kecabut kira2 1 jam,settingan modem ilang ..karena ga tau password speedy akhirnya panggil teknisi dan kata teknisinya modemnya lemah,coz dia coba pake modem aztec dia bagus2 aja speedynya.
    ada solusi ga mas?coz ini modem bru 5 bulan.padahal dikantor tiap sore pake modem seri sama adaptoprnya dicabut terus ampe bsk pagi gapapa..jadi bingung saya. trims

  35. #andre

    Hehe…sy ga bisa comment klo mo perang2an merk disini. Lha wong saya juga tidak berusaha membela salah satu merk, krn disini sy ga dapat keuntungan apa2.

    Hanya share kok, merk yang saya pakai (sekarang dan sebelumnya) dan bagaimana kinerja serta settingannya masing-masing. Sebagai data saja, yg dikantor sy jg blm pernah dimatiin semenjak beli, kecuali pas konfigurasi pertama kali. Matinya modem cm kalo listrik dari PLN mati juga.. itu juga gpp kok pak sampai hari ini sy menulis reply ini.

    Saran saya, coba komplain ke toko anda beli klo modem anda masih dalam masa garansi. Setiap produsen punya kemungkinan untuk menghasilkan produk yang krg baik (cacat)..namanya juga barang dunia. Yang penting sekarang ada jaminan di ganti atau paling tidak perbaikan dari si produsen…

    Semoga masalah bapak segera teratasi…salam. ^-^

    • yani
    • September 6th, 2008

    haloo Bang Anto

    saya sudah setting modem + wireless, tapi saya mau tanya gmana caranya ko setting hot spot utuk port video dan situs2 tertentu..

    thanks

  36. #yani

    bisa lebih spesifik? Sy nda ngerti.. ^.^

  37. mau tanya, kalo kita pakai jalur USB apa masih perlu colokin kabel power? karena setahu saya USB bisa menyediakan power untuk device tsb. Terima kasih.

    • yanimks
    • September 10th, 2008

    mas, mau nanya, saya punya WRT54GL, trus mau beli modem ADSL AM300, setinganx gimana, mengatur DHCPx di WRT54GL ato d modem, trus colokan lan dari AM300 d sambung ke serial internet WRT54GL, apa itu sudah bernar, trus saya set PPOE di WRT54,

    ada tutorialx nda

    cara membuat hotspot menggunakan AM300+WRT54GL dengan panduan cara setting menggunakan koneksi speedy, mas klo ada tlng d kirim ke emailku ya thank,s….

  38. #yanimks

    Wah, ud bikin draft tp blm diselesain tutorialnya..gi agak repot soale. Maap ya..
    Btw DHCP nya di WRT54GL aja, trus dari AM300nya di kasih static aja. Misal AM300 tu 192.168.1.1
    maka colokan inet di WRT54GL misalnya 192.168.1.2.

    Trus, DHCP di WRT nya di buat ngasi alamat ke klien di jaringan 192.168.0.0/24 misalnya. Jadi gatewaynya di WRT 192.168.0.1 sedangkan klien mungkin di kasi range 192.168.0.2-192.168.0.50 misalnya (klien = 50-2= 48 klien max).

    Gini dulu deh…smoga membantu..thx

  39. saya pake PC. Klo pake jalur LAN kok ga bisa ya. Bisanya cuman USB aja.

  40. @Harian
    Wew, pak… barangkali bisa dishare disini konfigurasinya..
    Ada kmungkinan kesalahan konfigurasi maupun kerusakan hardware..

    btw sy sudah maen2 ke blog bapak, sy mohon petunjuk dr yg lebih senior…^^
    salam..

    • Warlock
    • October 10th, 2008

    Mas mohon bantuannya nih
    saya baru aja beli modem AM300
    petunjuk sesuai dengan yang mas berikan
    tapi setiap saya mau save setting selalu muncul 500 server error

    terima kasih sebelumnya

  41. #Warlock

    wah, infonya kurang lengkap..
    Klo error 500 tu dari sisi server web, berarti ada masalah dalam modem. Itu diagnosa awal berdasarkan info yg anda kasih. Coba reset modemnya lalu setting ulang.

    Alternatif lain, coba konfigurasikan menggunakan PC lain.

    salam,

  42. lam kenal…
    itu modemnya awet ga mas?
    kemaren aku pake D-Link 520T + Speedy
    baru 2 bulan pake trus ga mau konek, diotak-atik tetep gitu, pake bridge ato PPPOE sama aja, trus akhirnya tak tukar. Alhamdulillah masih garansi replace. Trus dapet baru lagi langsung OK…
    Tapi setelah pake 2 bulan, terjadi masalah yang sama….

    Kalo Linksysnya gimana?

  43. #bhowo

    Yang aku pake sih cukup awet mas, ni uda 7 blnan. Tapi biasanya sih emang modem ADSL itu ada saatnya melemah koneksinya, apalagi klo dipanjer 24/7 kayak diwarnet. Klo uda kyk gini, butuh istirahat sekitar 5-10menit sblm dipake lagi. Jadi mungkin modemnya perlu off juga sesaat sblm bisa dipake.

    Mknya klo warnet butuh 2 modem wat ganti2an klo uda mulai lemah, tapi klo sampai ga bisa konek, wah blm pernah ngalami… agak kebangetan tuh klo mpe g bs konek, punya saya yg bawaan telkom aj ga separah itu.

    sabar aj mas, mungkin lg apes aj dpt produk yg agak cacat, kn bs aja terjadi. Yang penting bisa dapat gantinya garansi…

    • DerinStar
    • October 25th, 2008

    Betul bro Anto,

    ane di rumah pake Speedy dengan modem Linksys 300AM, kecepatannya semakin lama semakin menurun. Mungkin modem tipe ini tidak tahan panas dan harus dibantu kipas angin??

  44. @DerinStar

    Wah om…sama aj kok..biasanya manx klo overheat atau sering dipanjer kecepatan modem bakal menurun. makanya butuh istirahat juga tu modem-modem yang dipanjer… sy blm coba pake kipas angin, tp mungkin bisa bantu juga biar si modem lebih tahan lama, palagi di tempat tidak ber AC

    salam..

    • roy
    • November 4th, 2008

    ass, salam kenal om anto, mohon bantuannya saya memakai linksys WAG200G 4 port + adsl tapi blom bisa menyeting, masih takut, soalnya kemarin saat coba setting modem smc, baru beli, rusak deh kata teknisi telkom. ya ganti yg baru deh ? untung garansi wkwkwkwkw
    jadi soal setting linksys saya hati** tolong ya…. bantuannya step by step …….?????

    • roy
    • November 4th, 2008

    eh lupa pake wireless juga
    TTTTTOOOOOOOLLLLLLLOOOONNNNNNGGGGG

  45. @Roy
    Wah, masa sih salah setting bisa bikin rusak modem?? apa ada overclocknya pa? atau mas Roy secara tidak sengaja memencet tombol “self destruct”? (Kyknya ga ada selfdestruct deh di modem ~_~a).

    Hmm..konfigurasi modem tu standar aj kok wat speedy, yg penting VPI/VCI, kemudian modenya biasanya bridge kalo dial dari kompie, sedangkan kalau dari modem yang dial bisa antara PPoA atau PPoE tergantung wilayah (Encapsulation). Lalu klo dial berarti bikin connection wizard dari kompie, klo PPoA atau PPoE masukin passwordnya dari interface modem. Saya rasa pegangan itu cukup untk rata-rata modem, sisanya default jg gpp.

    Terus terang sy ckup kaget setelah tau bahwa mas bisa merusak modem sndiri hanya karena salah konfigurasi, atau mungkin yang dimaksud lain? maaf saya sndiri belum pernah menemui kasus demikian.

    • roy
    • November 6th, 2008

    makasih ya informasinya ? :-D

    • kesit
    • November 17th, 2008

    Mas anto…sori nih ngerepotin
    saya udah pake am300 lumayan lama lewat jalur usb.
    kemudian saya ada access point smc2655w supaya laptop saya bisa konek internet juga.
    Maka saya sambunglah AP itu lewat jalur ethernet k modem.
    Yang mengherankan (setidaknya untuk saya), pc yang via usb baik2 saja untuk browsing ke internet, tapi laptop saya (dan saya sempat coba laptop temen) tidak bisa akses ke internet walaupun bisa akses ke folder yang dishare di pc saya.

    Apakah ada bayangan masalahnya di mana?

    btw, utk settingan speedy sih sama dengan tutorial mas anto dan berjalan baik lewat pc via usb.

    terima kasih sebelumnya….

  46. #kesit

    [MODEM]—kabel—[AP]>>>wireless>>>>[LAPTOP]

    Klo kayak gtu, harus diatur dulu di APnya, setidaknya IP yang digunakan oleh si AP untuk konek ke modem, serta gatewaynya. Trus klo pake DHCP berarti IP berapa yg diberikan ke si Laptop. Kalau bisa share berarti dah konek, nah error ke browsenya tuh apa?

    Klo misalnya krg lebih gini : cannot resolve address…nah brarti DNSnya yg belum dikasi di AP.

    Wah susah jg deteknya, soalnya laporanny krg lengkap..hehe nanti email aj mas, klo masih trouble. thx

    • antony
    • November 30th, 2008

    bro,
    Saya awam terhadap komputer, pake wrt54gs dan sanex speedy. Sanexnya rusak,
    ini tukar makronet. modem sanex langsung dituker makronet gak bisa connect.
    Gimana yah tukar setting nya.
    mohon bantuan trims

    • HZK
    • December 3rd, 2008

    Salam Kenal

    Maaf tanpa basa-basi ini mas, karena aku sangat tak habis pikir. Aku baru beli modem linksys AM300. Setelah dicoba di rumah ternyata modemnya tak bisa up untuk speedy, alasan dari teknisi Telkom katanya ” modem jenis ini ngak cocok untuk DSLAM Huawei” yang notabene DSLAM ini di pake di daerah rumahku, yaitu daerah Ciputat. Ingin masukaan nya saja ini, apakah alasan ini dapat diterima dengan akal sehat ato kah hanya akal2xan saja. Karena pas ku tanya dengan teknisi telkom yang berbeda, katanya “modemnya yang rusak. Semua modem adsl cocok kok dengan speedy”

    Terimakasih Mas Anto

    • wandy007
    • December 3rd, 2008

    Mas ada solusi untuk masalh aku ga?
    Padahal konek smua led indikator pada Modem nyala…tapi suka ga bisa browsing,chex status internet Gateawaynya sering ilang sendiri…salah setting ato maslah apa neh mas?

    Regard

    wandy

  47. kenapa warnetku klo siang pke linksys AM300 bisa, tapi klo saat malam hari koneksi nyambung-putus(error),tapi saat aku ganti dengan D-Link koneksi stabil.. mohon bantuannya??biar ga gonta-ganti modem…

    • @subie
      Maaf, lokasinya dimana mas.. soalnya akhir2 ini juga speedynya kan lagi ga stabil, coba saja ping keluar, pasti request timenya gede2. Harusnya sih klo jaringan normal ga mungkin modemnya kerjanya gantian (shift2an). Coba masnya tes jg D-Linknya pagi bisa ga? Kebetulan kmrn juga sy habis beli D-Link jg, hampir sama aja kinerjanya dgn AM300, yg paling ngaruh sih jaringannya yg emang lg lemot banget. Cm kbtulan D-Link punya saya umurnya pendek bgt (<1bln), bru habis aku klaim dan dapat baru nih… ^.^

    • subie
    • December 7th, 2008

    fungsi advance routing pada linksys AM300 apa? trus cara nyetingnnya gimana? thanks

    • aKBaR
    • December 10th, 2008

    salam kenal, saya Akbar lokasi di Bandung (jawa barat), sebenernya sih sy baru (tahap belajar) dalam hal menyetting adsl-modem, di tmpat sy kerja OS nya pake Linux fedora core9.
    kebtulan si boss punya AM300, dipasang di rumah, tp tiba” settingan-nya nge-reset sendiri, ip address balik ke 192.168.1.1, gara”nya dirumah ada perbaikan line kabel listrik, terus berakibat AM300 nge-reset? emang ada hubungannya ya, kalo misalnya listrik konslet ato tiba” padam mengakibatkan nge-reset ke AM300? akhirnya sy coba setting ulang lagi dengan mengikuti langkah” yang ada di http://antodoroki.wordpress.com/2008/03/25/setting-modem-adsl-linksys-am300-speedy/
    dan ternyata ga bisa terkonek ke internet… apa ada setting-an yg harus setting lagi ato gimana.. mohon bantuan nya ? i’m so desperated :(

    • @Akbar
      Kabel listrik harusnya ga pengaruh ke AM300, kecuali klo dikorsletkan (sy rasa smua alat2 elektronik ga suka sm korslet). Mengenai koneksi yg paling penting itu di VPI/VCI dan encapsulation, sisanya ya tentu saja account speedy dan passwordnya untuk login ke jaringan. Coba ntar chat aja sama saya, brangkali bisa membantu… meski saya juga bukan ahlinya AM300 maupun jaringan speedy, cm sama2 pemakai saja kok mas.

      Mengenai firmware ada dibahas disini mas : http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?pid=33952

      Coba cek firmware mas berdasarkan bahasan disana.. punya saya uda 1.19.04 dan bisa PPoE

    • aKBaR
    • December 10th, 2008

    satu lagi mas… apa perlu saya upgrade firmware-nya? klo harus di upgrade, dimana saya bisa download update-an yang terbaru…

    p.s pls reply A.S.A.P, very-very urgent…. (still desperated..)

  48. halo salam kenal

    klo lampu internetnya merah itu tandanya apa ya? salah password apa emang telkomnya?
    ga ada tulisan incorrect password sih

    • @kusut
      Wadow, bisa macem2 sih mas penyebabnya, emang salah satunya incorrect password (tp kdang jg bisa berarti session nyangkut/gantung). Masuk ke interface web lalu cek dibagian status yang bawah sndiri, tar ada pesan errornya.
      Salam..

    • Susanto
    • December 18th, 2008

    Mas, saya pake Speedy di Kantor yg Unlimited. Kita pake modem Merk Aztech seri DSL605EU. Di kantor tuh ada orang yg seneng donlot mulu (pake IDM lagi) ‘n ujung2nya ngabisin bandwidth Internet yg ada, alias jadi lelet. Kalo di Modem Aztech ada menu untuk blok IP, & saya coba cara itu untuk block IP komputer orang tsb. Tapi dia selalu nge-reset Modem dan selalu berhasil untuk donlot lagi. Klo pake Linksys AM300 ada fitur untuk limiter speed untuk sebuah IP gak???

    • @Susanto
      Wah sama aj mas, modem apapun kalo direset yang balik lagi semula.. artinya selama orang tersebut punya akses ke modem dan bisa menconfigurasi ulang berarti ga bs diamankan. Btw klo mo pake pembatasan bandwith bisa pake software router (PC Router) wat ngelimitnya, salah satunya MikroTik.
      salam…

    • r7_go
    • December 18th, 2008

    ak pake 2modem AM300 d kota cepu tiba2 bermslh pd waktu bersamaan cm bisa buka bbrp site.
    Pake setting PPPoE tyt stlh d ganti bridged lancar.
    Ak pikir modem ku yg rusak, stlh ak balikin d toko nya sby d blg ga mslh.
    Ak beli Modem AM300 lg yang baru tyt tetap ga bisa.
    Firmware dah upde yg paling br tetp g bs.

    Pake modem Dlink, TPlink lancar.
    Apa Modem Linksys ga bs dpake d kota Cepu y?
    Tp d pake kira2 3bln ga mslh, lancar bgt.
    mohon bantuanya.

    • Arun
    • December 20th, 2008

    Saya beli modem linksys300Am, pas masuk 192.168.1.1 pas masukin user:admin passwordnya: admin or password, ada pesan login failed. Kalo’ kaya gitu gmn tuh? Pls tolong dijawab. Makasih

  49. nah kebetulan bngd ni saya cari artikel kek gini, tq bwad yang nulis… saya dah seettiing adsl linksys type na, wah ga ada, cuma ada tulisan modem adsl2 gateway, awalnya jalan normal di 1 pc saya set dapet DHCP na.. masuk ke web na. dah set smua jalan dah tu internet dari speedy. pas di share di switch ok, tapi ga lama kemudian ilank koneksi dan kaga dapet ip DHCP na (sedih dah seting semaleman), dicoba di 1 kompi tetp az kaga kebaca ipna cuma dapet private. yah akhirna sekarang pke modem dari sepidi lagi yang lama.

    niadnya mo dicoba lagi. duh kasi masukan dunx, koq beda settingan ma modem prolink hurricane ya?

    • vandjono
    • January 3rd, 2009

    bisa bantu saya cari solusi mas anto! saya pake WAG200G pertama pake sih gak masalah bahkan memuaskan tapi tiba2 sekarang gak bisa connect indikasinya lampu PPP/internet menyala merah kenapa tuh mas! help dong! trims

  50. boZ bisa minta bantuannya ga . ?

    kenapa ya di warnet tempat saya kerja kada mau konek ke internet . terus di modemnya tuh lampu merahnya nya terus.
    mohon bantuannya ya .

  51. mas, sy lupa password untuk masuk ke setting modemnya. Apa yang harus sy lakukan? Apakah tekan tombol resetnya? terus apa user dan password standarnya?
    mohon pencerahannya untuk yang mengetahui.

    salam

    raja

    • @raja
      Mohon kalau ada waktu bisa scroll keatas.. saya agak lupa tp kyknya sudah ada yg comment ttg itu. Thx

      regards,

  52. Seperti nya kita sama2 sukai 1 product nich mas LINK SYS

    Kemaren sempat gunakan D-LINK ADSL, Wah pake seminggu MODEM nya sering Default Sendiri..

    Akhirnya GW Gak selera lihat D-LINK

    • bopak kaspelo
    • March 3rd, 2009

    pusing amtT yang instan adjh…..
    kgx usah pake modem hahah…..
    jd gx usah knl sama si internet iu loh… hahah

    • tazmania
    • March 6th, 2009

    mas, saya bingung nih!!!
    sya kn pnya wrnet 10pc pake 2 line speedy, yg satu bt 5client(1-5), yg kdua (6-10), srver mnyesuaikan, jd kl pas 1-5 yg sepi y tinggal gnti default gatewaynya…yg saya tnyakan gmn cara gbungin 2 line speedy ini jd biar tmbah knceng cz kl lg sepi ksian modem yg lg istirahat trus rugi jg…bayar k speedy tp g dpake. gmn cara gabunginnya mas???masa cuma pake mikrotik ato squid aj??g da alat yg lebih simpel lg tah mas cz mbaca2 artikelnya mkrotik puiiiih kyaknya ribet bgt….!!!plis bntuannya y mas…
    kalo router bisa g mas,,,jadi (ni hnya stahuku..mklum nubie)…modem 1 pake ip 192.168.10.1 & modem 2 pake 192.168.10.2 trus d colokin ke router yg pnya 4 port RJ45…trus routernya dikasih iip 192.168.10.3 jadi per client default gatewaynya di isi ip router…bisa g mas?? kan router punya ip sendiri katanya…plis bls y mas.thanx b4

    • tazmania
    • March 6th, 2009

    oh iya lupa dari router kluar k switch hub n dtrusin k client-client…
    jadi alurnya..
    modem 1
    192.168.10.2 —>
    !
    !—> router —>switch —>client 1-10
    modem 2 ! 192.168.10.3
    192.168.10.1 —>

    kira bisa g mas??

    • tazmania
    • March 6th, 2009

    wah tulisannya ko jd gitu ya???tp bs dkira2 sndiri kan mas..mklum nubie bgt..

    • djarot
    • March 8th, 2009

    bang… aku dah setting persis seperti yg anda tulis.. tapi masih gak bisa connet gimana ni..?

    • Tazmania
    • March 10th, 2009

    ko lama bos

    • rulli
    • March 10th, 2009

    bang, modem ane linksys am300 2 hari kmaren kesiram dikit di atasnya. power masih bisa nyala tp ether+inter, dsl, mati semua. gimana yak solusinya??

    thnx.

    • tazmania
    • March 13th, 2009

    duh lamanya….lagi sibuk y mas…mail aja deh mas
    ta tunggu kedatangannya karna pnting buanget….

    • priyo w
    • March 22nd, 2009

    terima kasih atas informasinya..
    saya juga punya masalah dengan modem tersebut…makanya saya coba buka-buka blog…
    eeee. ternyata ada juga yang mau membagi ilmunya… terima kasih mas…

    salam
    pr1y00
    bandar lampung

    • iceman14
    • March 22nd, 2009

    mas saya mo nanya kok modem am300 saya lampu indikator dslnya suka ngedip sekitar 5-10 menit sekali jadi sangat menggangu kalau sedang download..??kira2 apakah masalah ada di modem apa dijaringan saya ya???

    Thank’s

    • f4th12
    • April 2nd, 2009

    Tolong dong untuk LInksys AG 241 kenapa tidak bisa support PPPOE dulu waktu setingan menggunakan siemens lancar2 aja tapi setelah diganti huaewei ko malah ngaadat yah apa ada setingan yang perlu ditambahkan ?

    • Dhey
    • April 8th, 2009

    Mas Anto, numpang tanya nih

    saya brencana maw beli modem yg sama
    alasannya, skrg sy pake modem merk tp-link dari telkomnya
    kl lg browsing sih enak2 aja lancar, tp kl lg maen game ping sy besar skali

    pertanyaannya, apa dgn ganti modem ping sy dalam game bisa diperkecil?
    pengalaman mas Anto sndiri gmn setelah ganti modem ini? apa ada perubahan dalam browsing dsb?

    makasih, salam

  53. @Dhey
    Klo speedy biasanya latencynya emang gede.. jadi kurang baik untuk ngegame online.
    Btw itu kayanya tergantung jaringannya, dirmh saya pake JKNetwork bawaannya telkom.. tp wat maen game OK2 aj.. Sekitar 50ms pingnya untuk IIX.

    Emang sih masi kalah ma ISP2 lain, tp 50ms dah lumayan tuh wat maen game..

  54. boss

    cara setting password di modem linksys gmn?????????
    need your help,,,

    thanks B4.

    • Andi
    • April 15th, 2009

    mas saya pengen nanya nih, kenapa modem am 300 saya ga bisa DHCP ya? harus manual setting di kompuetrnya
    kira kira masalahnya dimana ya? padahal DHCP dah enable, tapi tetep ga mau kasih IP ke client, kira kira apa masalahnya ya?

  55. mas anto, numpang tanya juga…

    saya pakai modem linksys am300 juga, kenapa kadang2 dsl nya ga mau nge-lock yah suka putus2 gitu..

    saya sudah coba sambungkan langsung tanpa splitter juga sama…

    gejalanya muncul klo dah mulai malem nih…

    makasih sebelumnya…

    • felix
    • April 22nd, 2009

    saya pake jasa speedy unlimited, modem adsl ARTICONET, AP WRT54GL, pc OS windows XP, billing ANTAMEDIA HOTSPOT v146, CPU 2 LANcard, LAN 1 menuju modem dengan connection type automatis, LAN2 menuju WANport lingsys dengan connection type pppoe dari speedy, apa sudah benar???
    minta tolong panduan topology dan ip addres yang benar untuk cafe hotspot.

    • Nandho
    • April 25th, 2009

    Mohon bantuannya mas,
    Saya punya warnet di Cirebon Jabar menggunakan Koneksi Speedy Paket Office,
    Jumlah PC ada 14, Memakai Router Mikrotik untuk Limit nya.
    Aneh nya sampai saat ini Tidak bisa konek ke FACEBOOK dan GOOGLE (udh 5 hari ga konek2).
    Ke website lain konek secara normal.
    Modem yang di gunakan merk SMC.
    Kira2 mas bisa bantu ga masalah saya ini?

    Selanjutnya, saya punya LINKSYS Seri A300, tapi Driver nya hilang, kira2 saya bisa dapet bantuan buat driver modem nya ga ya?

    Trims
    Salam hormat.

  56. Thanks mas,
    membantu sangat. . . . . .

    ta cobane dulu

    • adi
    • May 4th, 2009

    Bung Anto yang baik,

    saya sudah mencoba mengikuti instruksi anda, tapi memang bisa conect,namun putus lagi- putus lagi..
    Firmware sudah saya update
    setting sudah saya sesuaikan dengan anda,
    kondisi jaringan kalau pakai modem dari telkom.. lancar..
    apa bisa bantu ya bung..
    Modem yang saya gunakan AM300 dengan 1.19.04

    Terimakasih.

    Adi

    • resya
    • May 13th, 2009

    wah seneng liat blog ini .. saya punya keluhan nieh..sya pke modem TPlink ya ampun konsumen kita rata2 downloader..ngos ngosan deh tuch modem sampe2 sering bgt undrecable (sedih bgt kerja keras).ada rencana mw ganti modem dari pada konsumen mabur.aq niatan mw pke linksys cm type apa yang stabil bgt! trus plug and play gtu deh.dah cape reset modem mlulu..buat bisa narik jarringan lg…apa lg reset rooternya

  57. @all
    Buat yang ngalamin error dengan modem tipe tertentu mohon dikonfirmasi ke telkomnya.. dari pengalaman dilapangan memang kondisi jaringan telkom sendiri juga mempengaruhi. Ada beberapa tempat yang tidak mensupport merk tertentu, atau bilapun bisa tapi terkadang mengalami masalah seperti hanya bisa dial mode bridged, atau mungkin jaringan terputus2 dan tidak stabil. Kalau sudah masalah jaringannya memang repot karena yang pasti akan dirugikan adalah klien yg membeli modem tertentu namun sayangnya tidak bisa dipakai sesuai keinginannya.

    Lampu merah diindikator modem AM300 yang bagian internet tu biasanya disebabkan karena modem gagal mendial dengan account yang dimasukkan. Ada 2 kemungkinan, yg pertama karena memang kombinasi password dan usernamenya salah atau kemungkinan kedua adanya “sesi gantung”. Kalau anda merasa tdk mengubah2 username dan password namun tiba2 ketika konek mengalami kesulitan (tidak dapat IP, indikator lampu bag internet di modem menyala merah, “error 691″ bagi yg dial lwt komputer, “invalid password or username” bagi yg PPoE di modem, “cannot authentificate ourself to peer” bagi yg dial dari PPoE client MikroTik) ada kemungkinan modem anda mengalami “sesi gantung”. Kalau dari pengalaman saya ini disebabkan karena modem terputus dari jaringan secara tiba2 tanpa proses disconnect atau sebab lain misalnya mati listrik atau kabel dicabut dalam keaadaan koneksi. Sistem di Jaringan telkom masi mengindikasikan anda telah login dengan account tersebut sehingga anda tidak bs login kembali. Solusinya dengan menghubungi layanan speedy di 147 dan setelah melalui prosedur rumit smpai dihubungi oleh teknisinya katakan saja : “sesinya tolong direset dari pusat, tadi mati lampu tiba2, lampu modemnya normal kok…”. Setelah dikabulkan coba matikan modem 5 menit lalu dial lagi.. biasanyaa masalah ini bisa teratasi. Kalau tidak berarti sistem autentifikasi didaerah anda sedang bermasalah. Perbaikannya bs lama bahkan harus memanggil teknisi datang di tempat. Tapi denger2 sih Telkom lagi mau bikin sistem untuk mengurangi efek sesigantung ini, semoga bisa cepat terealisasi. Karena dengan adanya sistem ini saya harap saya tidak perlu menghubungi 147 klo ga perlu2 banget… smoga.

    @resya
    Tips nih buat anda, biasanya kalau menggunakan sistem PPoE (modem yang dial) kemudian dinyalakan non stop untuk download, bisa mengakibatkan modem hang. Paling2 solusinya cm bisa dengan restart modem. Tapi lama2 modemnya juga jebol kok.. Saya sudah ngalami juga untuk AM300, D-Link maupun Makronet. Semuanya jebol hanya waktunya saja yang berbeda2 tergantung daya tahannya. Solusinya dengan menggunakan mode bridged, artinya didial dari luar modem (non PPoE) jadi modem hanya menjadi jembatan saja. Cuma repotnya itu komputer atau perangkat yg mendial harus on terus selama koneksi dibutuhkan. Kalau saya sih pake PPoE client yang ada di MikroTik. Jadi biarkan MikroTik yg dial dan handle semua beban berat, karena toh dia adalah sebuah router PC dan bukan sekotak kecil modem dgn hardware terbatas.

    Smoga membantu, maaf blm bisa semuanya saya balas, tapi lain kali saya coba bantu di artikel lain. Semoga bisa membantu teman2 sekalian…

    • Erick S
    • May 22nd, 2009

    Dear om momod numpang nanya

    Ada yang bisa bantu saya nyeting speedy pake modem am300+ ap tecom wl5041, sebelumnya pake modem sanex, tapi ada kendala hardwarenya lemah katanya, ga brp lama ganti pake modem am300+ ap tecom wl5041, trus maklum teknisinya ga dateng2 buat setting, sy masih newbie dalam seting network, cuman bisa akses ke modem ama ap nya aja, untuk setingan yg laen gatau om…kalo ada yang bersedia membantu saya untuk setingan keduanya…saya sangat menghargainya.

    kalopun ada yg bersedia ini email saya (erick.siburian@infomedia.web.id) kalopun diforum ini juga gapapa..

    best regard to u all..

  58. jika accses point tidak dapat dipanggil melalui browser kenapa ya?
    padahal ip address sudah saya ganti sesuai dengan alamat AP.AP juga sudah saya reset.namun tetap tidak bisa di panggil melalui browser ?ada yang tau kenapa ga?mohon bantuannya terima kasih

    • yono
    • May 26th, 2009

    Bung Anto,

    Mohon bantuna,
    Saya pake Linksys AM 300, setup sudah ngikutin step by step nya anda, tapi modem masih tetep ga bisa UP, DSL Status : UP, PVC status Down, PPP login : wrong user and pasword. Padahal tehnisinya coba pake merk sanex bisa dan ada pemakaiannya ( saya coba cek dan log in ke web speedy ), tapi tehnisinya ga mau bantu kalau kita pake Linksys AM 300 karena ga bisa setupnya.
    Lokasi saya di daerah Meruyung Depok Jabar, Enccap : RFC 2516 PPPoE, Auto detect : Disable, VPI : 0, VCI : 35, multiplex : LLC, DSL modul : G.992.5 ( ADSL+2), keep alive. mengenai user dan paswd saya coba cek untuk log in di web speedy bisa. Kira kira ada kekurangan setup dimana Bung ?

    Thanks

    Yono

    • joe
    • July 31st, 2009

    mas saya kehilangan druver usb utk modem makronet ADSL2+router..bs minta link utk download nya ga??thx b4

    • krisno
    • August 5th, 2009

    dear mas

    mau tanya pernah seting modem AM 300 untuk seting time nya ngga ? bagaimana supaya dia sesuai dgn tgl dan jam pada saat yang semestinya

    • Zainal Evon Arifin
    • September 3rd, 2009

    Dear Om Moderator..!

    Saya Mohon Bantuan nya dong..
    saya mempunyai modem Linksys Adsl2 AG241V2 , kebetulan saya beli banyak untuk cabang saya di seluruh pelosok indonesia , dan modem ini sangat kami butuh kan untuk keperluan transaksi transaksi harian kantor saya , tapi belum berjalan dengan rencana saya , saya mengalami masalah karena modem saya hampir sering bahkan 2 hari sekali mengalami reset otomatis, jadinya yah sampai sekarang Project saya gak berjalan sesuai rencana..!

    yang ingin saya tanyakan kenapa modem nya suka reset sendirinya yah..? pusing saya padahal semua modem di setting dari jakarta , apa ada solusi… pa momod ?

  59. mas, mau tanya, kalo mau blok ip user dari Setting Modem ADSL Linksys AM300 Untuk Speedy itu dimananya ya ?

    • Hendra
    • September 30th, 2009

    Minta tolong nich mas.

    Mas cara mengganti username/password default modem linksys AG241V2 giman?
    Terima kasih, atas bantuannya.

    tks

  60. Sip gan, terima kasih artikelnya.
    salam kenal,
    Mukhlis Yulianto

    • Matur nuwun sudah mampir gan, sy jadi malu sm yg lebih senior.. :D

  61. thank’s atas semua informasinya. akhirnya ga ragu lagi deh tuk beli modem linksys

  62. wah bagus tenane artikelnya, ijin ngelink ya :) thanx

    • Prans
    • January 1st, 2010

    kenapa modemku tiba2 lan nya tidak berfungsi… tetapi conect bvia usb tetap bisa???

    • THE AJAT
    • January 13th, 2010

    KABEL USB MODEM LINKSYS SAYA HILANG, ADAKAH JUALAN DI TOKO ? NAMANYA KABEL USB TYPE APA ?
    TERIMAKASIH ATAS INFORMASINYA..

    • @THe AJAT
      Biasanya mirip dengan yang digunakan untk printer.. coba saja cek kabel USB untuk printer, cari di toko komputer. Trims.

    • Nova
    • January 16th, 2010

    thanks yach masukan tulisannya, btw aq lg cari sumber masukan cz aq mo beli modem baru, modem lama uda uzur minta ganti, maunya sih yang bisa bikin cepet dwnload…..thx :)

    • Wah saya tidak ada niat mereferensikan merk ini, lagian saya jg bukan salesnya Linksys ^.^. Hanya sekedar share pengalaman saja, toh bukan hanya merk ini saja yang bagus. Tapi syukurlah kalau bisa membantu sesama.. Trims.

    • ROnald
    • February 6th, 2010

    MAs semua boleh tanya g?? LOAd balance itu apa sih rumit g nyettingnya?? soalnya biasa liat d warnet2 yg pake speedy ada alat itu???

    • pratama
    • March 6th, 2010

    thanks ea atas informAsi nha??????????????

    • mdo
    • April 12th, 2010

    mas m tanya donk,,,klo linksys am300 adsl cari na dimn/????
    trz harga na brpaan???

    soal na di daerah aku g ada yg jual…
    hhehhehee
    rep di email ballecoznet@yahoo.com

    thx info na di atas,,,,,good job,!!!!!!!!!

    • febry
    • April 26th, 2010

    sya sdah seting modem dngn cara dmikian tapi kok masih sngat lmbat ya…..
    tolong sarannya ….buat warnet

  63. koneksi intenet saya kok lemot abis ya padahal ake aztek ni

    • Hmm.. kecepatan bandwidth (apalagi di jaringan speedy) tergantung byk faktor, saya kira tidak ada jaminan bahwa menggunakan merk modem tertentu bisa menambah kecepatan akses meskipun bisa saja berpengaruh (misalnya saja modemnya sudah online cukup lama, jadi setelah di restart bs cepat kembali).

    • fery
    • November 4th, 2010

    mas tolong beri saya solusi… saya jaga warnet+games OL. pake modem TP-Link. kaloo mo ganti modem kira2 pake apa ya?

    tanya lagi neeh…

    kan kaloo yang warnet pake dipriz jadi ga eror kena virus. kalo yang games OL ga pake deprez. nah biar virus games ya ga berkeliaran ke server g mana caranya? warnet+games di satuin 1speedy+1server. tolong solusi dan caranya gan.thank’s tolong kirim sarannya lewat e-mail saya (fery_vikers@yahoo.com)

    saya hanya bisa mengucapkan terimakasih. semoga ALLAH membalas kebaikan,ketulusan ANda amin…

  64. Assalamualaikum,

    Mas, Saya mau nanya dong, beli linksys adsl modem model AM300-Annex A dimana ya? aku udah nyari2 kok gaak ketemu. boleh minta rekomendasi gak mas? saya bener2 butuh niih. boleh kirim emaile ke suhendi.fajar@ipc.co.id

    terimakasih mas.

    wassalamualaikum Wr. Wb

  65. pa kabar mas…mau minta tolong nih..dikantor bos baru aja beli modem linksys buat warnet..setelah saya konfigurasi tau2 modemnya tdk bisa koneksi facebook…apanya lagi ya yang salah???mohon bantuannya mas..thanks be4

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: