[Archieve] Close/Load Form Opacity Effect


Tutorial diambil dari situs saya yang lama : http://herianto.web.id

Using : C#.NET Visual Studio 2003
Kadang-kadang kita pengen nambahin effect pada form aplikasi yang kita buat. Pada tutorial sederhana ini aku pengen nunjukin cara membuat effect meredup saat form tertutup dan effect semakin jelas saat membuka form baru. Properti form yang sangat berpengaruh disini adalah opacity. Ada banyak teknik untuk membuat effect seperti ini. Cara yang aku tulis disini bukanlah cara satu-satunya. Ingat kata simbah : “Banyak Jalan Menuju Roma”, pdhl nyatanya aku ga pernah nyampe-nyampe ke kota Roma, kecuali yang udah berbentuk biskuit.

Pertama-tama kita buat sebuah project baru. Lalu pada form yang baru tampil kita double click sehingga muncul fungsi Form1_Load (itu jika nama formnya adalah Form1). Isinya sbb :

private void Form1_Load(object sender, EventArgs e)
        {
            this.Opacity = 0;
            while (this.Opacity != 1)
            {
                this.Opacity += 0.05;
                System.Threading.Thread.Sleep(50);
                Application.DoEvents();
            }
        }

Penjelasan code :
Nah sebelumnya kita set dulu opacity menjadi 0 alias membuat form jadi transparan atau ga keliatan. Lalu perlahan kita naikkan dengan counter perulangan dengan penambahan 0.05 point sampai opacitynya = 1 alias form tampak paling jelas atau solid. Itu sebabnya mengapa batas perulangannya adalah this.Opacity!=1. Kalo mau lebih halus effectnya bisa dengan memperkecil penambahan perulangan atau menambah waktu untuk thread.Sleepnya.
Mudah kan..Memilih EventKalo untuk closing ya kita gunakan fungsi Form_Closing, caranya kita klik lagi form pada layar design lalu klik tanda petir didekat jendela properties lalu double click pada Event Closing.Perhatikan, bedakan event closing dan closed, closing terjadi setelah form di close sedangkan closed adalah event yang terjadi setelah form di close. Dalam kasus ini tidak masalah, kita bs gunakan Form_Closed maupun Form_Closing. Tapi dalam kasus lain mungkin berbeda hasilnya untuk kedua event ini.Nah kode yang diketik berkebalikan dari kode Form_Load.
Disini opacitynya kita turunkan sampai 0. Tidak perlu kita set sebelumnya opacitynya 1, karena tadi perulangan sudah terhenti saat opacity=1. Jadi posisi opacity adalah 1. Code untuk Form_Closing adalah sbb :

private void Form1_Closed(object sender, System.EventArgs e)
{
 	while(this.Opacity!=0)
 	{
 		this.Opacity-=0.05;
 		System.Threading.Thread.Sleep(50);
 		Application.DoEvents();
 	}
}

Sampai disini berarti anda telah membuat effect load dan close form dengan memanfaatkan property opacity dari form anda. Selamat mencoba..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: