ExtraDNS Untuk Cache Resolve DNS


Menyambung postingan yang belum lama saya tulis yaitu tentang DNS Server Cadangan untuk Speedy. Saya berpikir ide yang lain. Kan sudah punya daftar panjang DNS server yang bisa dipinjam, tapi kalo di WindowsXP cuma ada 2 tempat, preferred dan alternate. Meskipun dengan setting advanced kita bisa menambahkan lebih dari 2 DNS namun tetap tidak bisa di ketahui DNS yang mana yang paling besar memberikan kontribusi. Selain itu saya juga belum tahu sejauh mana kemampuan komputer atau laptop kita dalam mencache resolve DNS.

Persentase yg dilayani cacheCoba saja seandainya laptop butut saya ini bisa sekalian jadi DNS Server kecil yang bisa forward resolve dan melakukan cache. Dari berkhayal-khayal akhirnya saya memutuskan untuk mohon petunjuk dari “Mbah Google”. ‘Simbah’ mengantarkan saya pada nama ExtraDNS, software yang dibuat oleh perusahaan Extratools. Tanggal download di situs PC World sendiri menunjukkan review produk ini di add pada bulan Januari 2002 dan software ditujukan untuk win9x dan 2000.

Ya ampun, udah tua banget software ini. Di posting di situs download aja udah dari tahun 2002. Padahal jaman itu saya masih putih abu-abu. Udah gitu buat win9x dan 2000 pula. Jangan tanya lagi tampilan GUI-nya, sama WPF kalah jauh dunkz…
OK..ok..sebelum kita jelek2an lebih jauh mari kita tilik fungsinya. Dari review di PCWorld menuliskan sebagai berikut :

Speed up your surfing by storing actual IP numbers on your hard drive.
Type http://www.pcworld.com into your browser, and your computer has to go to a domain name server (DNS) to find the actual IP number (209.1.23.30, in case you’re wondering) that corresponds to that URL before loading our Web site. ExtraDNS saves time by intercepting DNS requests and storing replies in a fast, indexed database. The next time your system needs to resolve the same address, ExtraDNS instantly supplies the reply from its database. This decreases delays when loading a Web page (it also has to resolve addresses for the graphics, banners, and other elements of the page).
All IP numbers are not stored on every DNS server, and browsers usually search for them one by one to resolve the URL. ExtraDNS further speeds up the search process by searching many DNS servers simultaneously.

Baik, berhubung English saya yang pas-pasan maka akan saya terjemahkan fungsinya menurut pemahaman saya. Intinya setiap kali kita mengetikan sebuah alamat domain, misalnya http://www.google.com sebenarnya alamat tersebut harus di resolve terlebih dahulu dengan mengunakan naming-service di DNS Server. Nama http://www.google.com kemudian dicari IP Address server hostingnya. Setelah itu komputer kita berkomunikasi dengan server tersebut untuk mendownload sebuah halaman untuk ditampilkan ke browser kita. Mengapa digunakan nama dan bukan IP address, alasannya karena manusia lebih mudah mengingat nama situs daripada jajaran IP address. Yang barusan ini kata dosen saya yang sekarang lagi di luar negeri. Jadi seandainya anda lebih suka menghapal IP address berarti koneksi anda bisa hemat waktu karena cuma sekali jalan. Ini contohnya : http://72.14.235.147/.

Lalu apa hubungannya dengan si ExtraDNS ini. Ternyata ExtraDNS punya kemampuan untuk mencache alamat IP hasil resolve situs-situs yang kita akses. Hebatnya lagi kita bisa memasukkan maksimal 9 DNS server yang berbeda. Kemudian akan keliatan setiap ada request baru yg blm ada datanya di cache akan diambil dari mana. Nanti bisa kelihatan DNS server yang mana yang paling banyak kontribusinya. Lalu bisa juga dicek berapa persen alamat yang dijawab oleh cache, dan berapa persen sisanya yang masih harus nanya ke internet.

Cara menggunakan ExtraDNS sangat mudah. Setelah install selesai silahkan isikan DNS Server yang mau anda daftarkan. Tidak harus semua di isi, lagipula default juga sudah diisi semua. Tapi yang terisi disana tidak semuanya OK, beberapa sangat lambat kalau digunakan untuk akses ke domain-domain lokal. Berikutnya ganti DNS dari setting TCP/IP di koneksi internet anda (Misalnya pada WirelessLAN maupun LAN Cable biasa). Ganti alamat menjadi 127.0.0.1 alias alamat loopback anda. Artinya semua permintaan DNS dari komputer anda akan diarahkan ke komputer itu sendiri. Alias tanya pada diri sendiri (tapi nanti yang jawab ya ExtraDNS). Kalau sudah pernah ada di cache maka akan segera dijawab oleh ExtraDNS dalam 0 ms, kalau tidak baru akan diproses forward melalui DNS server yang telah didaftarkan.

Prakteknya dikomputer saya sudah diinstall ExtraDNS ini dan benar ada peningkatan kecepatan akses. Khususnya kalau DNS yang biasa dipakai bermasalah, jadi kita bisa dengan cepat bertukar-tukar. Nyatanya nggak mungkin kan 9 DNS yang kita daftarkan rusak bersamaan?

Daftar DNS Server dan responsenyaLog permintaan DNSDaftar alamat yg dicache

Program ini juga sudah saya coba dikantor, sebuah komputer di pasang ExtraDNS dengan 9 DNS lalu Mikrotik router diarahkan agar memforward resolve alamat yang diterimanya ke komputer ExtraDNS. Ternyata juga berhasil meningkatkan performa secara keseluruhan. Untuk 20PC dan laptop di kantor saya si komputer ExtraDNS belum trouble dan melayani semua orang tanpa perlu ada yang mengantre. Padahal dipakai juga buat download, memutar lagu, mengcoding .NET, chat, dsb. Memorynya cuma 256MB lho, dengan processon AMD.

Bagaimana cara anda memanfaatkan software ini tergantung dari anda sendiri. Tentu saja saya tidak akan menyarankan sebuah workstation dijadikan DNS Server dengan memakai ExtraDNS. Saya lebih prefer menggunakan Distro Linux pada sebuah komputer yang memang saya dedikasikan pengabdiannya menjadi sebuah DNS Server. Apalagi kalau jaringan komputer di tempat anda sangat luas. Tapi kalau sekedar mempercepat koneksi PC/Laptop anda sendiri mengapa tidak anda coba?

Referensi :

Download ExtraDNS
Review dari pcworld.com
Review dari tucows.mundofree.com
Simple DNS Plus, alternatif software selain ExtraDNS

    • yokiyoki
    • March 9th, 2008

    makasih pak antoanto utk info2nya & tutorial2nya.

  1. #yokiyoki
    trims kembali pak yokiyoki.. semoga berguna juga bagi anda.
    Jgn lupa kalo proyeknya sudah selesai anak2 kursus ditraktir makan2.

    NB : sekarang jd pemakai speedy juga? keliatan dari IPnya…🙂

    salam..

    • Bajury
    • March 15th, 2008

    Gmn ya??? Saya sih pgn bgt bljr ttg jaringan…
    Pengetahuan yang saya dapatin baru dikit…

    Kmrn2 waktu saya baca ttg DNS kok saya jadi tertarik…

    BLh kah tutorialnya digntkan dengan praktek lgsg??

    Hehehehehe

    ^_^

    Semangat Buat Anto n Omah-IT

  2. #Bajury
    thanks commentnya.. belajar jaringan? ga harus teori mulu kok. Tp emang buat praktek kadang butuh fasilitas. Tp rata2 mhs ud pada punya komputer kan? yg penting rajin cari info di inet, klo dapet ilmu baru jangan ragu wat diexplore, klo perlu ikutan forum ttg topik itu.
    Pilih aj topik yg kira-kira bisa dicoba dgn fasilitas yg sudah ada, ato disimulasikan dengan VM. Masih banyak kok yang bisa di explore…

    selamat berjuang…🙂

    **thx wat supportnya

  3. mantap tenan……. berhubung sopwarenya trial harus cari keygen dah….semangat terus buat semua

  4. #odosh
    Huahaha…semoga sukses om. Ntar klo males nyari bisa japri aja om..

    • dengkul
    • December 21st, 2008

    bro anto, sy ud install extra dns. pas sy coba rubah Ip LAN sy ke 127.0.0.1, muncul message “ip addresses starting with 127 are not valid because they are reserved for loopback addresses….”.
    Gimana cara ngakalinny ?

    • dengkul
    • December 21st, 2008

    sory, sy salah ubah. harusnya DNS yg diganti, bukan IP address

    • dyan
    • January 22nd, 2009

    Bro…kalo pake extra dns itu ada untung ruginya ga bro…trus speednya daripada dns dari speedy gimana..udah di test bro…thnk ntar tak coba…

  5. @dyan
    Bro..mohon kalo ada waktu dibaca selengkapnya artikel diatas dan sebelumnya..

    Kalo untuk ruginya sih mungkin kalo mau pake software ini tp cm trial, mo beli juga perusahaannya dah entah kemana. Jadi mentok2 pake cara2 haram buat bikin ga trial lagi..
    Sst..sst ngerti kan bro? >:)

    • haridison
    • January 26th, 2009

    mas, saya bisa chating bentar ya sekarang. ada yang saya tanya sedikit tentang extra dns. artikel yang mas berikan menarik. apa alamat ymnya mas.trims.

  6. Kalo cara membuat web server dengan PC sendiri dengan memanfaatkan IP publik yang di kasih ISP bagamana ya?

    • @ndosalak
      agak OOT bro..tp gpp deh

      Garis besar aj ya :
      Buat servernya (terserah mo under linux apache atau microsoft IIS atau yg lain) pastikan melayani request diport 80.
      Dari modem atau router anda arahkan request port 80 ke server anda.
      Sampai disini webserver anda sudah jalan dan bisa diakses dari internet. Tapi melalui IPnya. Untuk pendaftaran domainnya anda perlu mendaftar nama domain dan mengarahkan domain tersebut ke IP Public anda.

      Klo cara lain bisa pake dynamic dns klo ga salah, tp saya belum pernah coba.. maklum newbie..

    • rj
    • May 7th, 2009

    extradns apa bisa dijalankan di windows xp?
    karena internet di kantor suka putus-putus. setiap kali harus repair LAN.
    saat saya coba ping ternyata DNS nya nda respon, begitu…

    tolong bantuannya, saya baru belajar..
    terima kasih

    • Saya pake kok di laptop saya sm di PC juga. Tapi tolong matikan juga service dns client biar ga balapan sama ExtraDNS dalam pemakaian port 53 (port DNS).

      Caranya masuk ke Start Menu > Run > services.msc lalu cari service “DNS Client” dan ubah ke manual.

      Btw kalau memang DNSnya suka ga respon kenapa ga diganti dengan DNS lain aja?

  7. mas…saya juga baru buka warnet paki speddy tapi nauzubillah lelet banget…

    gimana ya cara biar cepet load nya..
    saya pakai paket office
    untuk 10 unit
    terima kasih

    • bagong
    • July 14th, 2009

    punya simple dns yg full?

    • rizuki
    • December 15th, 2009

    saya ga bisa buka youtube
    cuma streaming site ini aja yang ga bisa dibuka
    saya cari di site
    kebanyakan suruh ganti DNS
    tapi setelah beberapa kali ganti tetep aja gitu
    ada solusi?

  8. mo DNS apa keq, klo ISP nya jelet ya lemot :p

    • @monsterkitik
      maaf, setau saya pembahasan ini tentang resolve alamat (pengaruh kecepatan resolve DNS terhadap sebuah nama domain), bukan pengaruh bandwidth yang tersedia terhadap kecepatan access internet. Sy agak kurang ngerti dengan maksud komentar anda, mungkin bisa bantu jelaskan ke saya. Trims..

  9. Thanks ya, sdh saya coba di warnet saya. Dengan pengaturan dns mikrotik diarahkan ke PC Billing. Lumayan ngebut.

  10. mantap…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: