Mom n Dad’s 27th Wedding Anniversary


Di ambil waktu wisuda MaskuYa hari ini, 27 tahun yang lalu papa dan mamaku mengucap janji digereja untuk membentuk ikatan suci kebersamaan sehidup semati di sebuah Gereja di kota yang sangat terpencil (halah..puitis bgt bukaannya). Hari ini aku lupa lagi, krn ga dikasi reminder di hp.. (keterlaluan nih anak, calon jd durhaka…). Dapet sms malah diingetin, “hari ini papa dan mama baru habis ibadah syukur ultah pernikahan ke 27, anak-anak ikut berdoa ya..”. Wew, jadi nyesel banget karena ga ingat hari penting ini.

Keluargaku bukan keluarga yang besar, hanya 2 anak aj (sesuai slogan KB) dan aku ada diposisi bungsu. Aku selalu bersyukur dilahirkan dikeluarga ini karena selalu tercukupi meskipun bukan berkelimpahan. Tapi sekarang jauh deh dari mami n papi (gara2 kuliah ini..hehehe), paling juga setahun sekali ada tinjauan mendadak dari salah satunya.

Aku masih inget dulu setiap kali game console baru keluar mulai dari nintendo, SEGA, smpe PS aku selalu merengek2 wat dibeliin.. Wah, bujuk2 and berusaha bikin mereka senang biar aku dibeliin..smpe ngambek2 bahkan. Tapi nyatanya ga pernah 1 pun seri console itu dibeliin wat aku, duuh..keselnya waktu itu. Alasannya karena ga mendidik sifatnya. Wadou..padahal jaman itu sapa sih anak yang ga pengen dibeliin console game. Ud gitu tambahan dari mami lbh sengit lagi, “nangis aj deh, klo perlu mpe nangis darah, ga bakal di beliin papamu”. Anehnya waktu aku kelas 4 SD udah dibeliin komputer, dan nyatanya aku pake buat maen game awal-awalnya. So, apa bedanya? Kenapa ga beliin aja console game plus TV kayak temen-temenku, harganya juga lebih murah. Kenapa harus beli komputer yang dikirim jauh2 dari pulau Jawa n mahal. Sekarang baru ngerti deh, awalnya emang maen game terus. Lama-lama semua game uda ditamatin, susah lagi cari game baru. Maklum deh, tempat tinggal terpencil. Biz tu jadi pengen utak atik softwarenya, dari WS7, LOTUS mpe mbahnya XP yaitu Windows 3.1. Mana sering ngerusakin lagi, pernah sekali salah pasang kabel CD jadi kebakar. Tapi setiap komputer rusak, pasti diajak bareng bokap ke tempat reparasi, trus aku nonton deh diapain sih tu komputer biar bener. Waktu SMA kelas 2 aku baru belajar, gimana cara install windows 98/ME n setting-settingnya, pokoknya keahlian standar teknisi komputer yang cupu.🙂. Plus mulai berpikir gimana cara pake emulator biar bisa maen PS1 di komputer butut punyaku (nah lho..ujung2nya dipake wat maen game kan?..).

Ujung dari semua hobi yang ga sengaja terbentuk itu, keingintahuan yang terus ada membawa aku jadi yang sekarang ini. Nyasar ke jurusan Informatika Atma Jaya Yogyakarta (mudah2n cepet rmpung skripsinya ini…amin) sambil kerja di sebuah perusahaan IT Swasta yang dibangun bareng temen2 seangkatan. Jadi ngerasa konyol, kenapa dulu harus nangis2 dan ngamuk2 biar dibeliin game console. Maafin aku ya papi n mami, anakmu ini memang keras kepala…he3.

Waktu kakakku diwisuda dgn peringkat cum laude (aku kok ga ya?..tnya kenapa..) adalah salah satu hadiah besar yang diberikan wat kedua orang tuaku. Apalagi karena kami dari kota terpencil dan banyak tertinggal ternyata bisa survive dengan standar pulau Jawa. Tapi ada satu kata yang paling aku inget dari kakakku, dia niruin iklan TV..kebetulan juga dia itu lulusan Arsitektur. Dia bilang gini : “kalo mo tau cara bikin bangunan tanya aj ma arsitek ini, tp klo gimana cara membesarkan seorang arsitek tanya bapakku ini…”. Hahaha, kok ya bisa pas ya.. Duuh..aku ini kok bandel ya, jadi ga bisa ngikutin kmu mas..

Klo tentang mamiku aku masih punya utang nih..mudah2n cepet bisa kulunasi nanti setelah lulus. Mamah punya hobi bikin kue, terutama kue kering keju buat tamu-tamu yang datang saat Natal. Jadi bisa hemat deh, kebanyakan kue yang dihidangkan waktu Natal buatan sendiri. Karena ngga punya anak ceweq maka waktu itu aku yang sering bantuin bikin kue (msh TK ato SD kelas 1 kyknya), sekarang juga masih kok kalo mami dateng (mau mewarisi trik jadi koki). Ga terhitung berapa kue yang bentuknya ga jelas krn hasil karyaku plus berapa banyak adonan yang sudah dimakan sebelum jadi (waah..nggragas juga aku dulu). Modal wat bikin kue tu oven warisan eyangku (Alm.) yang bentuknya kotak trus harus ditaruh diatas kompor minyak tanah. Kadang-kadang susah nyalain kompornya, uda gtu ga canggih lagi karena suhu dan tekanan yang tidak bisa diatur. Jadi bikin kuenya juga ga bisa eksplore ke resep-resep yang canggih2. Waktu itu mamiku smpet ngeluh karena susahnya nyalain kompor butut. Lalu aku yang masih kecil dengan polosnya bilang gini : “Udah lah mah, sabar aja.. besok kalo anto uda kerja mamah aku beliin oven listrik yang bagus..”. Mami ku smpe terharu dengernya, trus beliau bilang “Mama inget ya janjimu, sampe kapanpun meskipun mama punya uang ga bakal beli oven listrik kalo bukan kamu yang beliin”. Wew..smpe sekarang masih terngiang kata-kata itu dan jadi pemacu semangat buat aku. Tenang aja Mam.. ini uda mo rampung kok kuliahnya, bntar lagi kalo mami dateng aku bungkusin kado deh tu oven listrik yang dibeli dari gaji aku. Fresh dari gaji pertamaku…

Thats my family, btw doa yang aku panjatkan hari ini cm seperti ini : “Trimakasih Tuhan, untuk keluarga terbaik yang kumiliki selama ini. Trimakasih karena keluarga ini telah bertahan selama 27 tahun sampai saat ini dan telah melewati berbagai rintangan dalam kehidupan. Semoga Tuhan kasih aku kesempatan untuk membalas apa yang telah diberikan orang tuaku selama ini, meskipun takkan pernah terlunaskan kembali olehku apa yang sudah mereka berikan padaku..Amin”.

    • ciMoL_op
    • November 26th, 2008

    DuH,,, saia Yg baCa saMpe TerHaRu BiRu Ne….
    seKaRanG soDa SukSes Kn janGan LuPa JanJina ma Mama Mz anTo…
    BeLi oVen LisTriK…
    Thu OveN yg kL di PaKe HrZ NanGkRing dL d KomPoR saMa PunYa NeNeK Q yG seKaRanG aDa d HuMz Q cZ BwT biKiN Kue uLTaH BaPaQ… Hhi…Tp SeKaRaNg Tag Tw EnTaH dMn.Hho…
    KaPaN2 Qt TanDinG BiKin Kue Nyak!!!!
    GuD LaK aJa DweH BwT mZ AnTo… GBU🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: