Independence Day…(Pendadaran euy..)


Akhirnya..sampe juga ke bagian yang paling menegangkan dari kuliah. Kerja praktek udah, KKN udah, nah hari ini nih penutupannya yaitu ujian pendadaran. Kenapa aku anggap penutupannya pendadaran dan bukan wisuda? Soalnya buat aku yudisium, pelepasan, wisuda dkknya adalah ceremonial dan simbol dari hasil kerja keras sebenarnya.

Oh ya, tadi malem sebelum hari pendadaranku ini daripada stress aku sempetin nonton ‘Batman : The Dark Knight” bareng temen2 kantor n nontonnya di 21 Amplaz. Lebih edan lagi karena nontonnya yg jam 9.45 WIB (untuk bkn midnight) lalu pulangnya lewat tangga darurat karena eskalator ud dimatiin. Lumayan pegel juga waktu itu karena dari lantai atas smpe basement turun lewat tangga. Padahal hari ini aku ujian jam 9.30 WIB, jadi tadi mlm cuma bobo 2 jam (jam 4 ud bangun lagi..hehehe). Mamiku smpe geleng-geleng pas denger aku nonton semalem sblm ujian uda gtu ga pulang rumah malah nginep kantor..hihihi

Presentasi hari ini aku ga terlalu takut sih, aku anggap kayak presentasi tugas biasa..Toh ini adalah hari pertanggung jawaban dari semua kerja keras ku untuk bikin sistem dan laporannya sampe-sampe menghabiskan 2 semester. Jadi bisa dianggap aku hari ini crita tentang apa yang udah aku lakuin selama 2 semester itu. Hanya saja kali ini pakaianku keren sekali, seperti salesman aja. Celana hitam, sepatu pantovel plus baju lengan panjang putih dan dasi hitam. Pdhl biasa juga pake sepatu sandal. Ga mao boong juga, ga full stelan itu punyaku.. sepatu pinjem masku trus baju lengan panjang putih tu punyanya agus (sabar gus..lg aku laundry nie..).

Pagi ini bangun, baca-baca dikit tentang istilah-istilah networking di wikipedia, trus mandi trus nongkrong deh nungguin baju pinjeman dianterin (datengnya jam setengah 9). Sampe kampus jam 8.45an. Masih belum dibuka ruangannya, bikin deg-degan juga..soalnya takut ga nyukup waktu buat siap-siapin laptop. Iseng-iseng ke markas lama dulu (lab.jarkom) buat nengokin Mas Widhi yg lagi jadi asdos mendadak karena ada seminar Microsoft disana. Berkat Mas Widhi juga akhirnya ruang sidang dibukakan buat aku (makasih ya mas..).

Masuk ruangan utak-atik sebentar laptopnya, pasang kabel LAN, set IP lalu coba browsing..(karena topiknya tentang kuota limiter akses jaringan jadi harus pake internet beneran). Habis tu ga lama kemudian dateng Jemmy sama Anton (semalem juga pada nonton bareng di 21, anton aja baru plg dari kantor jam setengah 8). Wekz..supporterku cuma 3 ternyata, agus, anton sm jemmy. Yaw dah gpp,nyukup kok.. orang dosennya keroyokan 4 lawan aku 1. Makanya diluar dijagain supporter 3 huehuehe..

Nunggu2 dosen datengnya telat, eh belum full empat lagi (kebiasaan di Atmajaya kalo nguji pendadaran tuh pasti yang datang team Fantastic Four, 2 pembimbing dan 2 penguji). Baru dateng pembimbing 1 yaitu pak Sigit sama pembimbing 2 pak Kusworo. Habis itu baru dateng penguji 1 nya yaitu Pak Ben. Nah kurang 1 lagi nih pengujinya yaitu pak Thomas. Ternyata pak Thomas ini harus kembali ke Semarang karena 3 hari lalu orang tuanya (bapaknya) baru saja dipanggil Tuhan. Akhirnya harus diganti dosen lain, akhirnya yang bersedia adalah pak Paul. Waduh, aku langsung agak kaget gitu.. soalnya pak Paul ini kebetulan adalah Dekan FTI selain itu konsentrasinya di bidang Relasi (Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi) bukan di konsentrasi Jaringan. Selain saya belum pernah diuji presentasi sama pak Paul juga saya khawatirkan beliau akan menanyakan dari sudut pandang RELASI dan saya agak takut juga kalo ga bisa ngikutin.

Ok, tapi uda telat buat mundur.. lagian mo kapan lagi ujiannya. Ga lulus2 ntar.. Aku mantep aj deh ujiannya sebisa aku. Akhirnya ujian mulai juga, pak Paul nyusulnya agak telat pas aku uda mulai presentasi. Setelah presentasi dan demo selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Wew, pas bagian ini aku uda lepas laptop, disuruh langsung gambar di whiteboard dan nerangin macem-macem kasus yang berkaitan dengan topik skripsiku. Yah..untungnya bekal-bekal pengalaman dikit-dikit dan ud pernah nyoba jadi paling ga tinggal tambah-tambah logika aj buat menjawab pertanyaan beliau-beliau ini. Ga terasa ujiannya udah berjalan 1,5 jam. Akhirnya uda dirasa cukup dan aku disuruh keluar sampai beliau2 selesai merapatkan nilai ujian yang pas buat aku.

Ni foto-foto para supporter ku

Keluar dari ruangan sambil bernafas lega, buka pintu ruang sidang.. oops..tau2 diluar uda ada orang sekampung. Wkwkwk supporterku ternyata banyak banget cuma pada telat datengnya. Nih kalo ga percaya liat aja fotonya (hehehe blm dinyatakan lulus malah uda foto2). Semua temen-temen (staff) dari kantorku dateng wat kasih support. Trus ada juga si Alex yang baru pendadaran hari selasa (tanggal 22) kemarin, numpang nampang juga dia (anyway congratz juga wat kamu). Btw thanks buat kalian semua yang udah datang, maupun yg uda kasih support dari jarak jauh (termasuk mami dan papiku).

Ga lama kemudian dipanggil masuk ruang sidang lagi deh… ketemu sama bapak-bapak penguji lagi. Suruh duduk dulu dihadapan mereka..lalu sebelum pak Sigit membacakan berita acara beliau nanya dulu ma temen2 penguji yang lain. Komentar dari pak Ben n pak Paul semuanya positif (buat aku malah sifatnya memuji..) jadi kata pak Sigit “karena komentar dari penguji yang lain semuanya positif, maka langsung saja saya nyatakan bahwa saudara Heribertus Kristianto lulus dengan nilai A.. Selamat yah…”. Wew habis itu diselamatin sama keempat dosen yang nguji..wakaka bangga juga pas waktu itu.

Ni gantian tukang fotonya..

Habis itu buru2 beresin laptop, LCD proyektor dan laporan-laporanku yang harus segera disahkan dan di jilid untuk proses daftar yudisium. Trus keluar dan nemuin para supporter.. Hehe ternyata supporter2 ini tidak gratis, alias harus bayar…wkwkwkw. Atas usul dari Anton akhirnya pembayaran biaya supporter di tebus dengan makan siang di warung steak… Akhirnya ajakin deh semua yang ada di luar ruang sidang ke warung steak. Tapi jumlahnya berkurang lho..jadi tinggal 13 orang..salah satunya yang menghilang ya si Alex (Bukan salahku kmu tidak di traktir lex..).

Nah berikut ini foto-foto perayaannya..Mas widhi juga bisa ikut lho..kita culik aja meskipun beliau lagi jadi pengawas di lab Jarkom yang sedang ada seminar Microsoft. Perginya ke daerah Mrican, lewat selokan Mataram dan hampir semua ga pake helm (untung ga di tangkep polisi). Btw sebelumnya musti ambil duit dulu di ATM soalnya takut ntar disuruh cuci piring karena ga kuat bayar.

Makannya udah abis...kenyang ga tuh...

Hari ini emang seru banget, meskipun habis makan-makan itu aku ga ngantor malah tidur di kamar belakang.. (hibernasi dulu bro..). Makasi buat Tuhan yang udah baik banget kasi kesempatan ini untuk menyelesaikan topik skripsi yang sangat menantang buat aku. Bahkan awalnya aku ngga tau cara untuk menyelesaikannya. Trima kasih juga buat mami dan papi yang tidak henti-hentinya mendoakanku (tiap pagi mamiku ke Gereja terus, sampe saat ini). Trimakasih buat kedua dosen pembimbingku (pak Sigit dan pak Kusworo) sama mantan dosen pembimbingku yang lagi di luar negeri (pak Kusnadi)..atas bantuan beliau-beliau inilah skripsi yang menjengkelkan ini bisa diselesaikan. Thanks buat temen-temen setiaku, meskipun harus disogok traktiran tapi aku yakin kalian semua selalu tulus untuk mendukungku untuk menjadi semakin baik. Buat hambatan-hambatan yang sudah kulalui (fisik maupun mental) makasi juga deh, kalian udah buat aku makin kuat dan menang saat aku bisa mengalahkan kalian semua.

Huh..sekarang tinggal nunggu deh, urusan yudisium ni batasnya tanggal 28 Juli 2008 untuk yudisium yang bulan Juli ini. Mudah-mudahan aku bisa ngejer senin besok daftar yudisium. Sebenernya apa sih topik skripsiku dan kenapa itu buat aku stress banget ntar aku ceritain laen waktu deh. Sekarang mo happy-happy dulu bentar.. kibarkan bendera RF Accretia Lunar… (padahal bru level 41). Wakakaka…

  1. Makan2™

  2. #Alex Budiyanto
    Makasi..makasi klo mo nraktir… ;p

    • Bajury
    • August 6th, 2008

    Wew…

    Selamat boz…

    Trus rncn ke depan apa???

    Apa masih ma berjuang bersama Omah-IT???

    Ato kembali ke tmpt mama n papa???

    Kirim2 kbr ya???

    jgn lupakan Anakmu ni…

    ^_^

  3. #Bajury
    Makaci..makaci..
    Kedepannya mo berjuang mencapai cita & cinta… wakakakaka

    Ga dink..mo berjuang dulu, nyari pengalaman..

    Anak?..Ga pernah ingat punya anak kyk kamu?… ;p
    Emang maminya ada?

    • cece
    • August 11th, 2008

    hello..

    wah kayanya berkesan banget niy pendadarannya

    ikut seneng d.. sekali lagi selamat yaaaa… jangan lupa ya ma ce2nya nih.. masi butuh bantuan klo ga ngerti software-hardware.. hehehehhehe (tarif : coklat)

    smile smile…
    ^_^

  4. #cece

    Waaa…ce2ku nelat commentnya..payah ah..de2nya lulus ga diselamatin..

    Tenang ce..selama ad traktiran cokelat ma es krim..bantuan lancar

    ^_^ smile juga…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

