Netwatch di MikroTik, auto switch parent proxy


Menulis lagi deh, lagi ga ada kerjaan di penghujung tahun 2008. Pertama kali nulis tentang MikroTik.. Mohon maaf ya kalo banyak salah, soalnya baru belajar nih saya..

Singkat cerita untuk membantu beban jaringan (Ping Request Speedy yang nyampe 4000ms dan koneksi yang megap2..),  saya menambahkan fasilitas WebProxy ke MikroTik. Caranya yah standar lah sama tutorial2 yang ada di blog-blog maupun forum. Jadi ga perlu dibahas ya..laen x aja wat detilnya.

Nah ternyata seperti diduga dan dikira proxy MikroTik masih kurang nyuzz gtu… jd krg bisa membantu. Menurut saran dari para senior yg pengalaman, suru pake parent proxy dari proxies.telkom.net.id. Atau bahkan pake proxy terpisah. Masalahnya kalo mo pake proxy terpisah kayak squid ak belum dapat PC wat dikorbankan.. Jd blm bisa coba.

Untuk mengeset parent proxy di MikroTik bisa dengan perintah sbb :

ip web-proxy set parent-proxy=125.160.18.23:8080

Dulu sih untuk klien speedy pake proxynya sama, IP publik proxy telkom tuh di 202.134.0.135 dan proxynya jalan di port 8080. Kalo sekarang sih beda2 dimasing-masing subnet. Jadi untuk tau IP proxy di subnet anda bisa ping ke proxies.telkom.net.id untuk tau alamatnya.

Nah setelah beberapa hari mencoba ternyata proxy punya Telkom ini juga suka mati2 sndiri, pdhal kalo MikroTik dalam posisi diset menggunakan proxy transparent sementara proxynya mati, semua klien ga akan bisa akses ke situs karena trafficnya dibelokkan ke proxy yang mati.

Waduh, kalo gini berarti harus ada yang ngawasin, klo tiba2 mati proxynya harus dihapus settingan parent proxy di MikroTik, jadi di-switch kembali ke proxy bawaan MikroTik. Gimana kalo diautomatisasi? Oke dech.. setelah utak atik sedikit dapet ide gini, MikroTik suruh ngeping ke IP Proxy secara berkala, klo pingnya respond berarti Proxy hidup, kalo ga bales berarti mati. Kalo Proxy hidup kita pake Proxy telkom, klo mati kita balikin ke proxy MikroTik. Nah Configurasi untuk itu sbb :

/ tool netwatch
add host=125.160.18.23 timeout=1s interval=7m up-script="/ip web-proxy set \ parent-proxy=125.160.18.23:8080" down-script="/ip web-proxy set \
parent-proxy=0.0.0.0:0" comment="" disabled=no

Jadi intinya di MikroTik tu ada fasilitas netwatch yang bisa mengecek sebuah host dalam posisi Up atau Down koneksinya. Biasanya sih dimanfaatkan untuk tujuan failover, jadi misal salah satu jalur koneksi mati kemudian dialihkan trafficnya ke jalur lain. Command diatas membuat netwatch mengawasi host 125.160.18.23 (hnya contoh..) yang dicek setiap interval 7 menit. Saat kondisi UP (ada reply) konfigurasi web-proxy diset dengan menggunakan parent proxy dari Telkom. Sebaliknya bila DOWN konfigurasi parent proxy akan dikosongkan.

Huh.. btw tidak lama kemudian saya menemukan fakta lagi bahwa terkadang meskipun ada ping reply, proxy server Telkomnya bisa aja service proxynya trouble, alias layanan proxynya mati.. akhirnya tetap saja kadang2 ga bisa konek padahal uda dicek lewat ping.. ya sudah lah.. akhirnya di awal tahun ini dengan sedikit tambahan perjuangan aku bikin 1 server proxy dedicated… dah running sich..tp lum perfect konfignya.. laen x dishare lagi deh.. ni mo maen game dulu…Met taon baru semuanya…

    • Heddy Joe
    • January 19th, 2009

    bagaimana mengecek poxy yang lebih dari 2 untuk kemudian menset-nya ke dalam parent proxy

    Terimaksih
    balas ke email ya

  1. wah lengkap nie…tapi juga masih bingung😦

    Makasih..

  2. Very impressive website, good job

  3. parent proxy down bukan berarti server parent proxy tujuan mati, tetap dapat di ping (proxynya aja yang nga jalan). Gimana cara mengeceknya ?

    • Nah itu dia, itu kelemahan dari penggunaan netwatch dgn ping, bisa mengatasi apabila servernya mati total/not responding (tidak dapat diping) tapi tidak dapat mengatasi klo squid servicenya yg mati, sesuai cerita ku dibagian akhir artikel..
      Klo yg saya gunakan sekarang proxy dedicated sndiri, jadi full kontrol n config jg dipegang. Biasanya sih pake aplikasi/daemon Monit. Itu untuk mengawasi service2 yang mati di linuxnya sendiri. KLo wat auto restart system ketika full hang ato error kernel biasanya pake Watchdog.
      Jadi dicombo antara netwatch, monit n bisa ditambah lagi watchdog.

      thx..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: