Pemadaman Listrik & Hari Bumi


Dooh.. mati lampu ni pasti gara2 ngerayain hari bumi…

Itu adalah kata-kata yang membangunkanku pagi ini… zzz.. jam 7.30 blm bangun.. masih enak-enak tidur dibangunin mas ku yang ribut2 karena listrik dirumah padam. Mas ku bukan seorang anti gerakan lingkungan hidup, tapi mungkin dia protes karena pas mati listrik pas lagi upload gambar kerjanya untuk dikirim lewat email.. dan itu pasti udah mepet waktunya..

Ok..sambil ngantuk2 dan bangun krn terpaksa, aku menjelaskan. Setauku sih klo gerakan memadamkan lampu di tanggal 28 Maret 2009 itu dilaksanainnya jam 08.30PM – 09.30PM berarti ntar malem bukan jam 8 pagi ini. Lagian yang namanya himbauan itu pasti bukan paksaan, jadi yang matiin lampu itu yang punya rumah, bkn di jeglek in dari pusat nya. Yah whatever lah.. mungkin karena saking gembar-gembor nya iklan himbauan itu maka membuat beberapa orang salah kaprah dan menyalahkan pemadaman listrik gara-gara hari bumi.

Ngomong2, entah karena saya yang sial atau memang banyak sekali pemadaman listrik akhir-akhir ini di DIY.. rasa2nya saya sudah sangat berpartisipasi dalam menyambut hari bumi ini… Hmm.. kalo dihitung-hitung seminggu ini, total mati listrik di kantor n di rumah bisa lebih dari 24 jam. Yang jelas itu lebih dari 1 jam himbauan yang diberikan… Saya juga bingung ini perlu dibanggakan atau ngga sih? Apakah provider listrik di negara ini sangat peduli pada hari Bumi sehingga akhir-akhir ini sering sekali ada pemadaman bergilir?

Mungkin kalau di negeri lain jarang sekali pemadaman listrik, jadi orang-orangnya yang perlu disadarkan untuk mematikan lampunya sejenak dalam menyambut hari bumi sehingga heboh banget hasilnya.. Kalo di negeri saya sih providernya yang sudah 24 kali lipat lebih sadar dari bangsa lain.. Buktinya saya mo partisipasi atau tidak pun tetep aja sering mati listrik, baik dikantor maupun di rumah saya… Sekali mati bisa 2 – 3 jam, dalam 1 malam malah pernah 2x mati listrik. Padahal lokasinya cukup dekat dengan kota. Entahlah, nanti malam saya matiin lampu atau ngga, jangan2 jam segitu malah baru aja nyala listriknya.. tapi klo nanti nyala saya mo ikut2an matiin lampu, toh sama saja seperti hari2 yang lain…

Yah mungkin mati listrik itu ga begitu berpengaruh bagi mereka yang tidak bergantung pada listrik itu sendiri.. atau mungkin pula mereka yang sanggup menyediakan sarana yang sanggup swadaya listrik (baca : genset) sendiri. Tapi buat usaha-usaha yang baru berjuang untuk hidup, mati listrik sehari berarti kehilangan nafas untuk hari itu.. Apalagi bila usaha tersebut sangat membutuhkan listrik. Hmm.. otak saya juga belum sanggup memahami ada apa dengan provider listrik negeri ini? Sampai kapan pelayanannya seperti ini?

Setidak-tidaknya saya punya keinginan untuk ikut serta dalam himbauan ini, smoga bukan cm sekedar event tapi juga benar-benar bermakna bagi dunia. Mari jaga bumi ini, karena ia adalah titipan anak cucu kita… semoga.

    • bakrie
    • June 3rd, 2009

    mati lagi? wah… kembali ke zaman purba…

    ini ada lagu buat temenin kl lg sedang mati lampu
    bisa di download di http://profiles.friendster.com/mixerband
    atau di dengerin di http://www.myspace.com/mixerband

    thanx ya^^

  1. Pemadaman listrik ya… Aku pernah nonton di metro tentang green… umm.. green apa ya… pokoknya tentang pelestarian bumi. Di prancis ada rumah yang listriknya dihasilkan sendiri dari solar cell, mobilnya pake listrik, rumahnya sebagian pake kaca. Pokoknya bagus banget. Ide tinggal ide tapi kayaknya gak ada deh yang mau ngelakuin… investasi awalnya mahal…🙂

  2. Setuju gan,yang bener adalah membangkitkan rasa sadar masyarakat akan slogan matikan yang ngak perlu

    • Pernah liat di Oprah ada wawancara dengan orang yg dengan mencabut colokan ketika ga dipake sehingga mengurangi sedotan listrik pasif (misal TV tetep dicolok meskipun TVnya uda dimatiin, charger laptop/HP) itu penghematannya dah luar biasa banget.

      Emang ada benernya tu matikan yg ga perlu, cm mslhnya klo yg paling perlu dan butuh buat penghidupan juga turut mati listrik sehingga ga bisa dapetin duit bulanan gimana?? (Misalnya aja warnet), operasional mo byar pake apa, gaji karyawan apa lagi… hohoho

      Mulai dari yg kecil2 aja deh berhematnya, contohnya tu jgn males cabut charger yg uda ga buat ngecharge.., sesuatu yg sepele tp dalam skala besar berpengaruh. Sambil berdoa jg semoga pelayanan dari pihak ‘penyedia listrik’ makin membaik.. semoga.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: