SharpDevelop IDE Open Source untuk C#


Develop software memang bukan skill yang paling aku kuasain di kuliah maupun setelah kerja (peminatan lbh ke JarKom), tapi sempet belajar juga sebagai mata kuliah wajib waktu jadi mahasiswa dulu. Dan dari semua bahasa pemrograman yang pernah kupelajarin, yg paling sreg di kepala (soalnya mikir pake otak, bukan hati) itu C#.

Tools paling terkenal untuk develop aplikasi C#, bahasa kerennya sih IDE (Integrated Development Environment) adalah Visual Studio dari Micros*ft. Nah kebetulan pas sudah di dunia kerja sekitar tahun 2010 pernah merasa tertantang untuk bisa develop C# tapi yang bener-bener keluar dari tools Micros*ft.  Akhirnya disela-sela waktu luang googling sana sini buat cari info tentang C# Opensource IDE. Alasannya sebenernya sih simple, karena license Visual Studio Developer itu cukup mahal meskipun ada juga versi express editionnya yang free tapi rada-rada dipangkas featurenya. Sekali-sekali semangat Open Source perlu juga dibangkitkan, meskipun didepan mata bakal banyak hambatan menghalangi.

Singkat cerita, tersangkutlah mata ini pada 2 topik yaitu MonoDevelop dan Sharpdeveloper. Dari keduanya, aku lebih prefer sharpdevelop.. karena tampilan dan fungsionalitasnya yang lebih cenderung menyerupai VS. Nih capture dari masing-masing IDE :

MonoDevelop :

Sharp Developer :

Feature teknis dari masing-masing IDE silahkan langsung cek di alamat developer masing-masing…

Oke, saya persempit pembahasannya, karena akhirnya saya prefer ke Sharpdevelop secara pribadi (bukan berarti monodevelop jelek ya..) sekarang sedikit saya bahas tentang pengalaman memakai Sharpdeveloper.

  1. Ukuran installernya sangat kecil bisa di cek dialamat berikut : http://www.icsharpcode.net/OpenSource/SD/Download/. Sekedar gambaran saja untuk ver. 3.2 yang aku gunakan ukuran masternya 15.101 KB alias 15MB ini support .NET 3.5 ke bawah. Untuk versi 4.2 yang support .NET 4 ukurannya 19MB. Tentu saja ini diluar frameworknya sendiri yah dan tidak termasuk sample atau msdn source knowledge misalnya. Untuk versi 3.2 sendiri terasa sangat ringan di windows XP maupun 7, tapi cukup powerfull. Jadi untuk mendapatkan IDE ini sepaket full kita cukup download .NET Framework installer dan master sharpdevelop. Setelah itu, siap-siap memproduksi software sesuai imajinasi anda.
  2. Sesuai jamannya, mulai .NET 3.5 ke .NET 4 sharp develop versi major 3 dan 4 telah support juga teknologi semacam WPF, Linq, dan lain-lain.
  3. Bisa dikombine dengan component berbayar maupun opensource (tapi saya prefer yg free aja). Yang berbayar misalnya telerik, devexpress, dan krypton kecuali untuk versi Litenya ada yang emang digratisin. Sebenernya tidak disupport secara resmi juga sih, karena perusahaan-perusahaan tersebut supportnya ke tools VS. Tapi jangan kuatir, kalau suka sama tampilan component diatas bisa kok dipake, seengga-engganya .dllnya kan bisa diimport atau di add reference di sharp develop… Untuk Krypton kebetulan ada project yg saya develop full Sharpdevelop+Krypton di Winform. Kalau untuk saat ini lagi suka sama devxpress, sekalian ganti suasana. Komponen yang lain saya kira juga bisa, misalnya ReportViewer microsoft atau mungkin Crystal Report jg. Lain kali saya coba bahas tentang cara menggunakan Sharpdevelop di winform yang pakai component 3rd party.
  4. Kekurangan yang paling terasa ada report designer, kalau di Visual Studio ada report designer yg cukup keren nanti nya digabungin sama report viewer. Waktu project kemarin karena temanya OpenSource, jadi reportnya pakai report RDL (Report Definition Language) tapi bikinnya bukan pakai designer VS melainkan FYIReporting. Hasilnya cukup memuaskan sih hanya saja rasanya agak kurang nyaman dibandingkan yg berbayar (ya ea lah.. uda gratis masi ngelunjak aja..hehehe). Ow ia, ada juga reporting dari sharpdevelop namanya SharpDeveloper Report. Ini dah plugged in didalam instalasi Sharpdevelop. Tapi kemarin kebetulan rada-rada gagal percobaannya jadi lebih mendalami FYIReport dengan RDLnya daripada ke Sharpdevelop.
  5. Pembuatan Setup untuk output dari Sharpdevelop juga sudah ada fasilitasnya, tapi saya pribadi belum pernah nyobain sampe sukses. Selama ini pake instalshield buat bikin setupnya (alasannya.. lagi2 karena pengen cari gampangnya). Tutorial membuat setup di Sharpdevelop salah satunya ini : http://community.sharpdevelop.net/blogs/mattward/archive/2007/01/08/CreatingAnInstallerWithSharpDevelop.aspx

Mungkin itu sedikit sharing pengalaman dengan tool gratisan buat develop aplikasi berbasis C#. Ow ia, sharpdevelop juga support bahasa lainnya, saya capture lagi deh buat barbuk (barang bukti) :

Kebetulan minat dan project yang sudah saya kerjakan lebih mengarah ke pembangunan Desktop App atau Winform, dan untuk kebutuhan pembangunan applikasinya sendiri saya sudah merasa sangat terbantu dengan adanya tools opensource sharpdeveloper ini. Untuk pembangunan WebApp dan WPF sebenernya disupport juga, cm karena keterbatasan saya yg belum explore kesana. Yup.. demikian sharing malam hari ini.. sampe ktmu di tulisan yang lain..

Regards.

  1. nice info gan..
    saya boleh minta tutorial fyiReporting gak??
    saya masih bingung cara memakainya!!
    makasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: